Rabu, 05 Januari 2022

Cara Melaporkan Postingan di Facebook Dengan Mudah


Cara Melaporkan Postingan di Facebook Dengan Mudah

 Dalam upaya untuk mengamankan media sosial dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, Facebook menghadirkan opsi agar pengguna dapat mereport atau melaporkan postingan di FB yang dianggap tidak pantas.

Facebook melarang beberapa hal yang tidak boleh di posting, yang mana jika tetap di posting, maka akan dikenai sanksi atau pelanggaran. Umunya yang terjadi saat akun Facebook dilaporkan dan dikenai pelanggaran, kita akan diberi pembatasan untuk dapat mengakses beberapa fitur didalam Facebook, misalnya tidak dapat memposting dan berkomentar. Dalam kasus yang lebih parah, mungkin akun tersebut akan dinonaktifkan atau dihapus.

Jika kamu merasa ada orang yang memposting sesuatu yang bersifat melanggar aturan Facebook, kamu bisa melaporkan postingan tersebut ke pihak Facebook agar dihapus. Setelahnya kamu tinggal menunggu saja pihak Facebook memprosesnya.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Semua Postingan di Facebook Lite Sekaligus

Biasanya laporan kamu akan diproses selama paling lama 3 hari. Nantinya Facebook juga akan mengirim pemberitahuan terkait laporan yang kamu ajukan.

Agar laporan dapat diterima dan ditindak lanjuti sesuai dengan kebijakan yang berlaku, pastikan bahwa postingan yang kamu laporkan di FB memang melanggar dan juga laporan yang kamu buat sesuai dengan pelanggaran tersebut.


Adapun beberapa diantara postingan yang dianggap melanggar standar komunitas Facebook, yaitu:

1. Kekerasan

Postingan yang menampilkan kekerasan, contohnya seperi konten sadis, mengancam dengan kekerasan, dan penyiksaan terhadap sesama makhluk hidup.

2. Pelecehan

Postingan yang dianggap melecehkan contohnya seperti merendahkan atau mempermalukan seseorang. Masih baik jika korban hanya melaporkan kamu ke Facebook, bukan melaporkanya ke polisi atau pihak berwajib.

3. Ketelanjangan

Postingan yang mengandung unsur ketelanjangan atau aktifitas seksual lainnya yang tidak layak untuk ditonton, baik itu ketelanjangan orang dewasa maupun anak-anak.

4. Informasi palsu atau hoax

Facebook juga melarang pengguna untuk menyebarkan berita atau informasi palsu entah itu seputar politik, kesehatan, atau informasi palsu yang dapat meresahkan banyak orang.

5. Bunuh diri atau melukai diri sendiri

Ketika kamu melaporkan akun Facebook milik seseorang yang hendak bunuh diri atau melakukan tindakan lain yang dapat mengancam nyawanya sendiri, kamu bisa melaporkannya di Facebook. Facebook sudah bekerja sama dengan beberapa pakar pencegah bunuh diri, dan Facebook juga akan berusaha untuk membantu dengan memberi dukungan kepada si pemilik akun yang kamu laporkan.

6. Spam

Ada banyak sekali Spam yang sering kita jumpai di Facebook, seperti membagikan postingan yang sama pada setiap grup, memposting sebuah konten dalam jumlah yang tidak sedikit, dan membagikan tautan dari sumber yang tidak dipercaya sehingga dianggap berbahaya. Jika kamu pernah melihatnya, tidak ada salah jika kamu melaporkan postingan Facebook tersebut.

7. Ujar kebencian atau Sara

Postingan yang menyuarakan kebencian terhadap ras, asal negara, agama, disabilitas, ataupun jenis kelamin atau gender, dilarang oleh Facebook karena mungkin bisa saja akan menimbulkan suatu perpecahan besar antar satu kelompok dengan kelompok lain.

8. Penjualan tidak resmi

Sekarang banyak sekali orang yang menjual barang dengan mempostingnya lewat Facebook. Jika kamu termasuk salah satunya, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu jual disana, contohnya seperti menjual obat terlarang, senjata, hewan langka, dan barang-barang lainnya yang seringkali digunakan untuk hal-hal yang negatif.

9. Membagikan gambar pribadi milik seseorang.

10. Terorisme.

11. Penipuan.

12. Perundungan.

13. Kekayaan Intelektual dan masih banyak lagi lainnya.

Jika tidak ingin postingan di FB milik kamu juga di-report oleh orang lain, maka hindari untuk memposting beberapa postingan yang disebutkan diatas. Semua aturan tersebut berlaku untuk postingan berupa video maupun gambar.


Cara Melaporkan Postingan di Facebook Dengan Mudah

Sebenarnya yang bisa kamu laporkan di Facebook bukan hanya postingan saja melainkan kamu juga bisa melaporkan komentar, grup, dan akun Facebook milik seseorang. Disini kita akan membahas semua itu satu-persatu.

Jika kamu merasa ada orang lain yang memposting sesuatu yang kamu anggap tidak pantas, atau justru postingan itu merugikan atau melecehkan kamu, kamu bisa report posting tersebut. Untuk caranya sangat mudah sekali, kamu bisa mempraktikannya di Facebook Lite maupun Facebook biasa.


Melaporkan Postingan Facebook:

1. Buka aplikasi Facebook di HP kamu masing-masing. Jangan lupa juga untuk login terlebih dahulu.


2. Cari postingan yang ingin kamu laporkan. Jika sudah ketemu, tap ikon titik tiga yang ada diatas kanan postingan tersebut.


3. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, dan yang harus kamu pilih adalah "Laporkan Postingan".

3. Cara Melaporkan Postingan di Facebook Dengan Mudah


4. Setelahnya akan muncul beberapa opsi yang harus kamu pilih sebagai alasan mengapa postingan itu perlu dilaporkan. Usahakan kamu memilih alasan yang benar-benar tepat untuk menggambarkan pelanggaran tersebut. Sebagai contoh admin memilih "Kekerasan".

4. Cara Melaporkan Postingan di Facebook Dengan Mudah


5. Selanjutnya kamu akan diberi sebuah pilihan lagi untuk memperjelas detail dari pelanggaran yang kamu pilih tadi. Silahkan kamu pilih.

5. Cara Melaporkan Postingan di Facebook Dengan Mudah


6. Untuk mengirim laporan tersebut ke Facebook, tap "Kirim". Kamu juga bisa mengaktifkan notifikasi tentang laporan yang kamu buat dengan mencentang opsi "Terima notifikasi tentang laporan ini".

6. Cara Melaporkan Postingan di Facebook Dengan Mudah


7. Sekarang Facebook sudah menerima dan sedang meninjau laporan yang kamu buat. Langkah berikutnya tap "Selanjutnya".

7. Cara Melaporkan Postingan di Facebook Dengan Mudah


8. Setelah berhasil melaporkan postingan, ada beberapa opsi lain yang bisa kamu lakukan, seperti memblokir akun tersebut, berhenti mengikuti, dan menghapus pertemanan. Selain itu kamu juga bisa memilih opsi untuk mencabut atau membatalkan laporan dengan tap "Urungkan". Namun apabila tidak ada satupun opsi yang perlu dipilih lagi, kamu tinggal tap "Selesai".

Cara Melaporkan8. Postingan di Facebook Dengan Mudah


9. Selesai.

Facebook membutuhkan waktu untuk dapat memproses laporan yg dibuat. Facebook akan mengirimkan notifikasi setelah mengambil keputusan.


Melaporkan Komentar Facebook:

Seperti yang sudah admin katakan tadi bahwa di FB bukan hanya dapat melaporkan postingan saja, kamu juga dapat melaporkan komentar di Facebook yang dianggap tidak pantas.

Kadang kita seringkali mendapatkan komentar tidak jelas bahkan menyakitkan dari akun yang tidak dikenal. Nah, agar si pemilik akun tersebut jera atas kelakuannya yang sering berkomentar sembarangan di Facebook milik orang lain, kamu harus melaporkannya. Untuk caranya tidak kalah mudah dengan cara diatas.


1. Didalam Facebook, cari postingan dimana tempat komentar yang ingin kamu laporkan berada. Kamu bisa melakukannya di postingan milik sendiri atau bisa juga di postingan milik orang lain.


2. Setelah menemukannya, tekan lama komentar tersebut sampai muncul sebuah menu pilihan.


3. Didalam menu yang kamu lihat, pilih menu "Cari dukungan atau laporkan komentar".


4. Langkah selanjutnya adalah memilih alasan mengapa kamu ingin melaporkannya. Pada langkah ini caranya sama seperti tadi. Kamu harus memilih alasan yang tepat untuk komentar tersebut, apakah sebuah spam atau kata kata yang melecehkan. Karena caranya sama, jadi kamu tinggal mengikuti saja langkah-langkah yang diberikan.


5. Selesai.

Kurang lebih seperti itulah caranya, cukup mudah bukan?


Melaporkan Grup Facebook:

Tutorial selanjutnya yaitu cara mereport grup Facebook. Tidak sedikit grup Facebook yang didalamnya berisi tentang hal-hal yang negatif. Namun karena saking banyaknya grup yang ada, membuat tim Facebook menjadi kecolongan sehingga grup-grup tersebut tetap berdiri meskipun didalamnya berisi banyak postingan yang melanggar. 

Maka dari itu, untuk membantunya kita harus menghanguskan grup di Facebook dengan cara melaporkannya. Semakin banyak yang melaporkan maka grup yang berisi konten negatif itu akan semakin cepat hangus. Untuk cara lengkapnya seperti berikut ini:


1. Buka aplikasi Facebook di HP kamu.


2. Cari grup yang ingin dilaporkan dan masuk kedalam grup tersebut.


3. Selanjutnya tap nama dari grup itu untuk memunculkan opsi pilihan.


4. Pada daftar opsi pilihan yang muncul, silahkan kamu pilih opsi "Laporkan Grup".


5. Sekarang kamu pilih alasan yang merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh grup tersebut.


6. Untuk selanjutnya kamu tinggal mengikuti saja langkah-langkah yang diberikan.


7. Selesai.


Apabila hanya satu anggota grup saja yang sering membuat pelanggaran, kamu tidak perlu melapor ke FB, cukup dengan melaporkannya ke admin grup saja dan minta agar anggota tersebut dikeluarkan dari grup.


Melaporkan Akun Facebook:

Berpura-pura menjadi orang lain dengan membuat akun palsu dan nama palsu adalah termasuk hal yang tidak diperbolehkan oleh Facebook, karena hal itu bisa saja mencemarkan nama baik seseorang, ditambah lagi jika akun tersebut digunakan untuk aksi kejahatan. 

jika suatu saat kamu melihat ada akun FB yang mirip dengan akun kamu, maka segeralah untuk melaporkannya jika tidak ingin mengalami masalah seperti diatas. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk melaporkan akun FB yang di hack. Untuk caranya sebagai berikut:


1. Buka aplikasi Facebook di HP kamu.


2. Cari dan masuk kedalam profil FB yang ingin dilaporkan.


3. Setalah berada didalam profilnya, tap ikon titik tiga yang berada di samping kanan opsi "Tambah Teman" atau opsi "Pesan".


4. Dihalaman selanjutnya tap "Cari dukungan atau laporkan profil".


5. Langkah selanjutnya sama seperti ketiga cara diatas, yaitu memilih pelanggaran yang dilakukan oleh akun tersebut. Untuk semua langkah selanjutnya mungkin kamu sudah hafal karena semuanya sama dengan cara diatas.


6. Selesai.

Baca Juga: Tips Menjaga Keamanan Akun Facebook Agar Tidak Mudah Di Hack

Itulah cara melaporkan postingan di Facebook dengan mudah.

Saat kamu melaporkan postingan, grup, komentar, maupun akun FB milik seseorang, si pemilik akun tersebut tidak akan mengetahui bahwa kamulah yang melaporkannya, yang tahu hanya kamu dan pihak Facebook saja.

Cukup sampai disini saja untuk artikel kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar