Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter Android dan iPhone

 Cara menonaktifkan laporan dibaca di DM (Direct Message) Twitter ini dapat menjadi opsi bagi semua pengguna yang mau membaca DM Twitter yang masuk tapi tanpa ketahuan oleh pengirimnya. Pasalnya, kadang timbul rasa kurang nyaman saat tahu bahwa pengirim bisa mengetahui bahwa pesannya sudah dibaca.

Laporan dibaca adalah fitur umum yang dimiliki oleh hampir semua aplikasi media sosial yang didalamnya terdapat fitur bertukar pesan antar pengguna. Fitur ini menjadi sinyal atau pertanda dari status  pesan yang dikirim. Nanti pengirim bisa melihat keterangan pesan, utamanya status pesan gagal, terkirim, dan dibaca.

Untuk di Twitter sendiri, saat kamu mengirim DM dan sudah berhasil terkirim, kamu akan melihat keterangan "Terkirim". Sementara untuk pesan yang sudah dibaca, akan muncul keterangan "Dilihat" pada bagian bawah DM tersebut. Jika laporan dibaca di Twitter kamu dan lawan chat kamu sama-sama aktif, maka semua orang dapat melihat keterangan "Terkirim " dan "Dilihat" tersebut.

Sebaliknya, jika salah satu diantara pengguna ada yang menonaktifkan laporan dibaca, maka semua orang tidak bisa melihat keterangan "Dilihat", tetapi keterangan yang muncul hanya akan "Terkirim". Jadi, kamu juga juga tidak akan tahu DM kamu telah dibaca saat fitur laporan dibaca kamu nonaktifkan.

Pengaturan laporan dibaca Twitter diaktifkan secara default, namun pengguna memiliki kebebasan untuk menonaktifkan dan mengaktifkannya lagi dengan cara yang tidak berbeda jauh. Ini berlaku sama untuk semua pengguna Twitter di segala perangkat termasuk Android dan iPhone iOS.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Tanggal Lahir di Twitter Terbaru

Dalam konteks privasi, menonaktifkan fitur laporan dibaca dianggap penting oleh sebagian pengguna dan berguna untuk mengurangi tekanan sosial atau rasa tidak enak hati yang mungkin timbul dari DM yang tidak direspon namun terlanjur sudah dibaca, sebab orang yang mengirim DM pasti berharap untuk segera dibalas setelah tahu bahwa pesannya sudah dibaca.

Nah, agar terhindar dari kondisi yang tidak mengenakan seperti di atas atau mungkin ada alasan lain yang membuat kamu ingin menonaktifkan laporan dibaca di DM Twitter, berikut ini langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur tersebut di Android dan iPhone.

Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter Android dan iPhone

Meskipun untuk menonaktifkan laporan dibaca di Direct Message Twitter di Android dan iPhone sama-sama dilakukan lewat aplikasi Twitter, tetapi ada perbedaan cara dikedua perangkat tersebut. Agar lebih jelas, masing-masing caranya sudah disiapkan dibawah ini, sebelum mengikuti panduannya, pastikan aplikasi Twitter kamu sudah versi terbaru.

Cara menonaktifkan laporan dibaca di DM Twitter di Android

1. Buka aplikasi Twitter di ponsel Android milikmu.

2. Selanjutnya kunjungi menu perpesanan dengan tap ikon bentuk surat di bagian paling kanan deretan menu utama.

2. Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter Android

3. Berikutnya tap ikon roda gear di bagian atas kanan halaman tersebut.

3. Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter Android

4. Pada opsi "Kirim laporan dibaca", matikan toggle atau tombol biru yang berada disamping kanannya. Jika warnanya sudah abu-abu berarti fitur itu sudah dinonaktifkan.

4. Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter Android

5. Selesai.

Cara menonaktifkan laporan dibaca di DM Twitter di iPhone

1. Buka aplikasi Twitter di ponsel iPhone kamu.

2. Pada laman Home atau Beranda, tap foto profil akun kamu yang ada disamping atas kiri.

2. Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter iPhone

3. Selanjutnya pilih "Pengaturan & Dukungan", kemudian dibawahnya pilih "Pengaturan dan privasi".

3. Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter iPhone

4. Pada halaman Pengaturan kamu pilih "Privasi dan Keamanan".

4. Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter iPhone

5. Setelah itu pilih "Direct Message".

5. Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter iPhone

6. Terakhir, nonaktifkan tombol sakelar disamping kanan opsi "Kirim laporan dibaca".

6. Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter iPhone

7. Selesai.

Baca Juga: Cara Menambahkan Link di Bio Twitter Lewat HP

Itulah langkah-langkah menonaktifkan laporan dibaca di DM Twitter Android dan iPhone. Setelahnya laporan dibaca kamu akan disembunyikan dan pengirim pesan tidak akan mengetahui bahwa pesannya sudah kamu lihat. Dengan begitu kamu tidak perlu merasa tertekan lagi membaca DM dari seseorang meskipun tidak membalasnya saat itu juga.

Selain di DM utama, ada juga orang yang bertanya tentang laporan dibaca untuk permintaan pesan. Untuk laporan dibaca pada permintaan pesan sebenarnya tidak perlu dinonaktifkan lagi karena Twitter secara otomatis menonaktifkannya sebelum kamu memilih untuk menerima pesan tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Menonaktifkan Laporan Dibaca di DM Twitter Android dan iPhone"