Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Translate Bahasa di Termux


Cara Translate Bahasa di Termux

Cara translate bahasa di Termux - Di dunia yang semakin terhubung dengan internet seperti saat ini, penting untuk memiliki kemampuan berkomunikasi melintasi batas bahasa yang belum kita ketahui, apalagi bahasa Inggris, bahasa internasional yang digunakan oleh seluruh dunia.

Oleh karena itu, kamu sudah disediakan dengan berbagai macam alat untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Dan dengan menggunakan aplikasi Termux, kamu bisa menerjemahkan bahasa dengan mudah.

Termux mengandalkan sebuah script agar bisa menjalankan tugas-tugas tertentu. Nah, cara mengubah bahasa di Termux dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tersedia scriptnya. Dan script translate Termux tidak hanya satu, jadi kamu tinggal memilih dan menginstal script yang ingin digunakan.

Untuk translate bahasa Termux tidak sama seperti menggunakan aplikasi yang dikhususkan untuk translate. Di Termux, kamu memang perlu untuk menginstal scriptnya terlebih dahulu. Meskipun begitu langkah-langkahnya tetap sama-sama mudah, apalagi untuk kamu sudah terbiasa menggunakan aplikasi Termux.

Nah, pada artikel kali ini admin akan memberikan panduan lengkap untuk translate bahasa menggunakan Termux dengan script yang sudah di siapkan.

Cara Translate Bahasa di Termux

Bagi kamu yang menggunakan Termux, ada keuntungan lebih dari menerjemahkan bahasa di Termux, yaitu kamu bisa melakukannya tanpa aplikasi tambahan, cukup dengan aplikasi Termux itu saja. Untuk cara lengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Jalankan aplikasi Termux di Android kamu masing-masing.

2. Setelah di dalam aplikasi Termux, jalankan perintah-perintah di bawah ini satu-persatu:

$ pkg update

$ pkg upgrade

$ pkg install git

3. Selanjutnya clone script translate ke Termux dengan menjalankan perintah:

$ git clone https://github.com/soimort/translate-shell

4. Sesudahnya, masuk ke direktori script menggunakan perintah:

$ cd translate-shell

$ ls

5. Sekarang langsung saja kamu jalankan script tersebut dengan perintah:

$ ./translate

6. Masukan kata atau teks yang ingin di terjemahkan, jika sudah Enter.

7. Kata yang kamu masukan akan langsung diterjemahkan dengan cepat oleh Termux. Jika ingin keluar dari script gunakan CTRL + C lalu Enter.

8. Untuk melihat perintah-perintah lain yang dapat digunakan menggunakan script tersebut, ketikan saja perintah:

$ cat README.md

Kamu bisa mempelajari perintah untuk menerjemahkan bahasa tertentu ke bahasa yang diinginkan.

9. Selesai.

Baca Juga:

• Cara Menjalankan Script di Termux Android

• Cara Install dan Menggunakan Text Editor Vim di Termux Android

• Cara Hack Akun TikTok di Termux Android

Demikian tutorial translate bahasa di Termux dengan script translate-shell. Script tersebut memanfaat API dari beberapa layanan terjemahan, termasuk salah satunya adalah Google Translate. Sehingga hasil terjemahan yang diberikan akan lebih akurat.

Dengan script tersebut, Termux memiliki kemampuan untuk menerjemahkan kata dari satu bahasa ke bahasa lain. Dengan begitu, Termux bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk mempelajari bahasa asing.

Posting Komentar untuk "Cara Translate Bahasa di Termux"