Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Mode Anak, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya di HP Android


Apa itu Mode Anak, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya di HP Android

 Jika kamu pernah melihat menu yang bernama Mode Anak atau Kids Mode di Android milikmu, mungkin pernah terbesit rasa penasaran untuk mengetahui lebih dalam tentang menu tersebut.

Jika begitu, pas sekali karena di sini kita akan mengulas tentang aplikasi mode anak di HP Android. Kita akan bahas mulai dari pengertian, fungsi, cara mengaktifkan dan menonaktifkannya. Daripada tambah penasaran, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Mode Anak?

Mode anak adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu orang tua untuk melindungi anak-anak terhadap dampak negatif dari penggunaan ponsel, contohnya agar anak tidak kecanduan bermain ponsel, terhindar dari konten dewasa seperti pornografi dan kekerasan, dan hal lainnya yang tidak pantas dilihat atau dilakukan oleh anak.

Kadang sebagai orang tua pasti merasa khawatir ketika membiarkan anaknya bermain gadget sendiri tanpa adanya pengawasan, namun tidak mungkin juga jika kita harus mengawasinya setiap saat, ada kalanya orang tua sibuk dengan hal lain, disitulah kontrol orang tua terhadap anak bisa berkurang.

Jadi, agar orang tua tidak merasa khawatir ketika harus meninggalkan anak bermain dengan ponselnya, maka bisa diatasi dengan memanfaatkan aplikasi mode anak ini. Aplikasi mode anak sudah menjadi aplikasi bawaan di beberapa HP Android seperti VIVO, Samsung, OPPO, Xiaomi dan ponsel-ponsel keluaran terbaru.

Aplikasi mode anak di Android sangat aman digunakan untuk anak karena ada beberapa fitur, aplikasi, dan fungsi smartphone yang akan dibatasi ketika menggunakannya. Tampilan di mode anak biasanya dibuat agar terlihat lebih menarik di mata anak-anak.

Orang tua juga bisa mengatur atau menyesuaikan sendiri fitur mode anak di HP, misalnya menambahkan beberapa aplikasi, membuka fitur, memasang timer saatnya berhenti, dan sebagainya. Dengan begitu orang tua bisa memilih mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan anak sesuai dengan umurnya.

Baca Juga:

• Fungsi Mode Game Ultra Vivo Serta Cara Mengaktifkan Dan Menggunakannya

• Mode Incognito Google Chrome: Fungsi, Cara Mengaktifkan Dan Cara Menggunakannya

Fungsi Mode Anak di HP

Apa itu Mode Anak, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya di HP Android

Adapun beberapa fungsi aplikasi mode anak yang umumnya tersedia, diantarnya adalah:

1. Mengontrol konten

Mengaktifkan mode anak memungkinkan kita untuk memfilter beberapa konten entah berupa foto ataupun video yang tidak layak untuk dilihat dan ditonton anak-anak.

2. Pengawasan Orang Tua

Biasanya di dalam aplikasi mode anak tersedia fitur yang dapat digunakan untuk mengontrol aktifitas apa saja yang dilakukan oleh anak di dalam perangkatnya. Aktifitas bisa dilihat melalui aplikasi lain atau bisa juga dari aplikasi mode anak itu sendiri.

3. Membatasi Akses

Kegunaan lain mode anak adalah dapat membatasi akses ke berbagai fitur, aplikasi, setelan, dan hal lain yang tidak diinginkan. Ini dapat mencegah anak untuk mengakses hal yang tidak perlu dilakukan, misalnya membuka pengaturan, membuka aplikasi untuk berkomunikasi dengan orang lain, dan lainnya.

4. Keamanan

Aplikasi mode anak juga berfungsi untuk mencegah dan menghindarkan anak dari resiko ancaman dari internet, contohnya penipuan online, kejahatan dunia maya dan bahaya lain yang berasal dari aplikasi atau situs yang dibukanya.

5. Konten Bermanfaat

Mode anak biasanya menawarkan konten-konten yang berguna untuk membantu anak-anak dalam belajar seputar hal-hal paling dasar. Konten tersebut biasanya dibuat berupa teka-teki, mewarnai, menggambar, puzzle, dan permainan lain yang membuat anak tertarik untuk belajar sambil tetap bermain.

6. Tampilan yang Disesuaikan

Tampilan menggunakan mode anak ini akan disesuaikan dengan minat yang disukai anak-anak. Tampilan visualnya akan dibuat dengan warna dan ikon yang lebih menarik serta sederhana sehingga lebih mudah untuk dipahami.

7. Menghindari Pembelian yang Tidak Disengaja

Fungsi mode anak pada HP juga membantu untuk menghindarkan pembelian yang tidak sengaja dilakukan oleh anak di dalam aplikasi online shop. Fitur mode anak akan mencegah akses ke beberapa aplikasi tersebut.

Baca Juga: 5 Fungsi Mode Pesawat Yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Cara Mengaktifkan Mode Anak di HP Android

Mengingat pentingnya menggunakan mode anak untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan terhadap anak. Kontrol orang tua terhadap anak tetap diperlukan dalam hal apapun. Oleh karena itu, orang tua wajib tahu cara aktifkan fitur mode anak di Android sebelum memberikan anak kebebasan untuk bermain ponsel.

Tutorial mengaktifkan mode anak sebetulnya sangat mudah, namun untuk kamu yang belum tahu caranya, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini:

1. Buka menu "Mode Anak" di HP Android masing-masing. 

2. Di dalam aplikasi itu, tap "Mulai".

2. Apa itu Mode Anak, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya di HP Android

3. Setelahnya kamu akan dibawa masuk ke mode anak dan di sana kamu tinggal menyesuaikan mode tersebut. Untuk mengaturnya, tap "Pengaturan".

3. Apa itu Mode Anak, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya di HP Android

4. Jika sudah berada di dalam pengaturan mode anak, di sana kamu sudah bisa mengatur apa saja yang bisa dilakukan ketika di dalam mode tersebut, seperti mengatur aplikasi, batas penggunaan, menggunakan jaringan data, dan lainnya. Di sana kamu juga bisa mengetahui aktifitas apa saja yang dilakukan di dalam mode anak.

Silahkan kamu atur sesuai keinginan.

3. Apa itu Mode Anak, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya di HP Android

5. Selesai.

Itu dia cara mengaktifkan mode anak di HP Android. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi ketika harus membiarkan anak kamu bermain ponsel sendiri.

Bagaimana jika anak biasa keluar dari mode tersebut?

Tidak mungkin bisa karena tiap tindakan yang tidak kamu izinkan pada mode anak memerlukan kata sandi, termasuk untuk keluarnya.

Cara Menonaktifkan Mode Anak

Untuk menggunakan mode anak harus diaktifkan terlebih dahulu dengan cara seperti di atas, namun jika kamu tiba-tiba berada di dalam mode anak dan terjebak karena tidak tahu cara keluarnya, silahkan kamu ikuti tutorial berikut untuk bisa keluar dari mode anak di HP Android:

1. Saat berada di dalam mode anak, tap "Keluar" yang berada disamping kanan bawah layar.

1. Apa itu Mode Anak, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya di HP Android

2. Selanjutnya kamu tinggal masukan password, pin, pola, sandi atau kemanan yang kamu gunakan di HP kamu. Dan setelah itu kamu akan langsung keluar dan kembali ke mode normal.

3. Selesai.

Sangat-sangat mudah bukan?

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Mode Sepeda Motor di HP Android

Itulah pembahasan mengenai apa itu mode anak, fungsi serta cara mengaktifkan dan menonaktifkannya di HP Android. Apakah sampai sini kamu sudah paham dengan penjelasan yang admin sampaikan di atas?

Jadi kesimpulannya, mode anak ini memang hadir dengan berbagai manfaat dan fungsi khusus, yaitu untuk anak-anak yang notabene belum diizinkan secara bebas untuk bermain gadget karena ada banyak resiko yang mengancam. Nah, hadirnya aplikasi mode anak ini bisa membantu untuk mengurangi resiko-resiko tersebut.

Meskipun begitu, mode anak tidak cocok digunakan oleh orang dewasa, maka dari itu perlu dinonaktifkan, untuk cara mengaktifkan dan menonaktifkannya bisa kamu lihat di atas.

Cukup sekian dari pembahasan kali ini dan semoga informasi dan tutorial di atas bisa bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Apa itu Mode Anak, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya di HP Android"