Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Nano Text Editor di Termux Android


Cara Menggunakan Nano Text Editor di Termux Android

 teknoinfo09 - Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan nano text editor di Termux Android. Namun sebelum kita masuk ke tutorialnya, admin akan membahas sedikit tentang nano text editor ini terlebih dahulu, silahkan disimak.

Nano adalah salah satu text editor yang fungsi utamanya sudah jelas untuk mengedit dan membuat file. Dengan teks editor nano kamu bisa membuka dan mengedit beberapa jenis format file, contohnya seperti html, txt, php, python, dan file-file lain yang didalamnya hanya berisi teks atau kode-kode pemrograman.

Buat kamu yang sering membuat sebuah program atau script, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan text editor yang satu ini. Bahkan, nano sudah menjadi salah satu text editor yang paling banyak digunakan oleh pengguna Termux tapi sayangnya banyak yang tidak sadar akan hal itu.

Baca Juga:

• 8 Text Editor Android Terbaik Dan Gratis Yang Bisa Kamu Pasang Melalui Play Store

• Kumpulan Kode Warna di Termux Android

Meskipun pada dasarnya nano merupakan text editor yang disediakan untuk sistem operasi Linux dan Unix, namun untuk kamu yang menggunakan Android juga bisa menggunakan text editor nano dengan menginstal paketnya didalam aplikasi Termux.

Karena nano adalah sebuah text editor berbasis CLI (Command Line Interface), maka untuk menggunakannya pun harus melalui perintah-perintah. Ada beberapa perintah nano text editor yang wajib diketahui sebelum kamu ingin mulai menggunakannya di Termux HP Android kamu.

Dan di sini admin akan memberikan beberapa cara menggunakan nano di Termux yang dimana cara ini lebih dikhususkan untuk pemula, mulai dari cara menginstal, membuat file, edit file, copy paste, cara keluar, mencari kata, dan beberapa tutorial lain yang ada didalamnya.

Cara Menggunakan Nano Text Editor di Termux Android

Cara Menggunakan Nano Text Editor di Termux Android

Sebenarnya cara untuk menggunakan nano di Linux dan di Termux tidak jauh berbeda. Namun meskipun demikian, hal itu tetap saja menjadi kebingungan tersendiri bagi beberapa pengguna Termux yang baru menggunakan teks editor nano entah itu untuk mengedit ataupun membuat sebuah file.

Sebelum masuk ke pembahasan tutorialnya, ada satu hal penting yang harus kamu tahu bahwa untuk mengoperasikan nano hampir semuanya harus menggunakan tombol kombinasi atau pintasan atau juga shortcut seperti CTRL, ALT, ESC, dan sebagainya.

Karena di Termux versi terbaru tombol pintasannya sudah diubah menjadi lebih sedikit dan terbatas, kamu bisa melihat terlebih dahulu cara menampilkan tombol Termux lengkap agar nantinya lebih mudah saat menjalankan nano.

Nah, buat kamu yang merasa membutuhkan tutorial menggunakan nano di Android melalui aplikasi Termux, kamu bisa melihat beberapa tutorialnya berikut ini.

Menginstal nano di Termux

Jika di distro Linux Debian dan Ubuntu, nano secara default sudah terinstall di sana. Tapi untuk di Termux sendiri, kamu harus menginstalnya terlebih dahulu. Dan cara menginstalnya cukup mudah, kamu hanya perlu menjalankan perintah berikut ini:

$ pkg install nano

Setelahnya proses penginstalan akan langsung berjalan, kamu tinggal menunggunya saja sampai selesai. Biasanya proses penginstalan package nano tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika sudah selesai, sekarang kamu sudah bisa mulai mengoperasikannya.

Membuat file menggunakan nano

Sebelum membuat file menggunakan text editor nano Termux, kamu harus memastikan terlebih dahulu file apa yang ingin kamu buat karena setiap jenis file memiliki format yang berbeda-beda. Sebagai contoh disini admin akan membuat file .txt, dan untuk perintahnya adalah:

$ nano namafile.txt

Ganti tulisan namafile dengan nama file yang kamu inginkan. Sedangkan untuk .txt adalah format filenya.

Setelah kamu menjalankan perintah di atas, kamu akan langsung dibawa masuk kedalam editor nano dan di sana kamu sudah bisa membuat file baru tujuan kamu.

Edit file menggunakan GNU nano text editor

Untuk edit file script atau program lainnya di Termux menggunakan nano teks editor caranya hampir sama seperti diatas, bedanya kamu hanya perlu mengganti namafile tadi dengan nama file yang ingin di edit. Contohnya admin ingin mengedit file yang bernama teknoinfo09.txt, maka perintahnya:

$ nano teknoinfo09.txt

Kamu hanya perlu memasukan nama dan format filenya kemudian jalankan perintah yang diawali dengan nano.

Copy paste di nano

Tutorial berikutnya yaitu untuk copy paste teks yang ada didalam nano text editor di Termux. Daripada kamu harus menulis ulang sebuah teks atau tulisan yang jumlahnya cukup banyak, lebih baik kamu copy paste saja teks tersebut.

Didalam teks editor nano juga bisa menyalin maupun menempelkan sebuah teks yang sudah kamu salin dengan tap lama teks lalu blok bagian teks yang ingin kamu salin dan tap "Copy".

Di Atas adalah cara untuk menyalin, sedangkan untuk cara paste teks ke editor nano yaitu kamu harus terlebih dahulu menempatkan kursor pada tempat dimana teks akan ditempelkan atau di paste. Jika sudah, tekan lama layar HP kamu di bagian manapun sampai muncul opsi paste, dan tap opsi tersebut.

Pahami dengan baik hal di atas terutama pada penempatan kursornya, karena jika kamu salah sedikitpun bisa saja membuat syntax eror.

Perintah keluar dari nano text editor Termux

Ada dua pilihan ketika kamu ingin keluar dari nano, pilihan pertama yaitu keluar dengan menyimpan data atau konfigurasi yang sudah kamu buat, dan yang kedua adalah keluar tanpa menyimpan perubahan atau membatalkan perubahan yang sudah dibuat. Keduanya membutuhkan tombol kombinasi yang berbeda.

Apabila kamu ingin keluar dari editor nano dengan menyimpan semua perubah yang dibuat, kamu bisa menggunakan tombol kombinasi CTRL + X +Y lalu enter. Sedangkan untuk keluar dari nano namun kamu ingin membuang atau membatalkan semua yang sudah diubah, kamu bisa menggunakan tombol kombinasi CTRL + X + N lalu enter.

Mencari kata didalam text editor nano

Saat kamu sedang membuat sebuah program atau script dan kode-kode didalamnya sudah cukup banyak, tentu hal itu akan membuat kamu kesulitan untuk menemukan kata atau kode-kode tertentu.

Nah, untuk mengatasi masalah itu, kamu bisa mencari kata di nano menggunakan perintah CTRL + Q lalu masukan kata yang ingin di cari dan enter. Kata yang kamu cari akan ditandai dengan blok berwarna kuning.

Menampilkan baris angka di text editor nano

Agar lebih mudah mengingat isi dari setiap baris-baris tertentu, kamu bisa menampilkan baris angka di text editor nano menggunakan tombol ALT + N. Dengan ini kamu akan jadi lebih mudah untuk mencari kode yaitu hanya dengan mengingat baris angka dari kode tersebut.

Melihat jumlah baris didalam nano

Apabila kamu ingin menampilkan jumlah baris dari semua tulisan ataupun kode yang sudah kamu rancang didalam editor nano di Termux, kamu hanya perlu menekan tombol CTRL + S, dan kemudian akan tampil jumlah baris yang ada di sana.

Menghapus 1 baris sekaligus di nano

Jika tidak ingin ribet dan ingin mempercepat waktu ketika kamu menghapus text tertentu didalam text editor nano, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan kombinasi tombol CTRL + K. Tapi sebelum itu pastikan terlebih dahulu bahwa kursor sudah berada pada bagian baris yang ingin kamu hapus.

Baca Juga:

• Cara Menggunakan Termux Styling Gratis

• Cara Install dan Menggunakan Tool-X di Termux Terbaru

• Cara Chatting Menggunakan Termux Android

Itu dia beberapa cara penggunaan text editor nano di Termux lengkap untuk pemula.

Cara diatas hanyalah beberapa cara umum yang paling sering digunakan saja. Apabila kamu ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang semua perintah-perintah apa saja yang ada didalam nano di Termux, kamu bisa melihat semua perintahnya dengan menjalankan perintah $ nano -h. Selain dengan perintah tersebut, kamu juga bisa melihat bantuan langsung didalam nano editor menggunakan tombol CTRL + G.

Sepertinya hanya itu saja yang bisa admin sampaikan tentang cara menggunakan nano text editor di Termux Android. Jika ada hal yang tidak kamu pahami dari pembahasan yang admin sampaikan diatas, langsung tanyakan saja melalui kolom komentar dibawah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Nano Text Editor di Termux Android"