Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Baidu Browser


Kelebihan dan Kekurangan Baidu Browser

 Kelebihan dan kekurangan Baidu Browser - Setiap search engine atau mesin pencari pasti memiliki yang namanya kelebihan dan kekurangan terlepas dari seberapa terkenalnya search engine tersebut. Bahkan di Google sendiripun tentu ada saja hal yang mungkin dianggap kurang oleh sebagian penggunanya, begitupun dengan search engine Baidu Browser.

Mungkin untuk kamu yang sering menggunakan Browser Baidu, kamu sudah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Baidu Browser. Tapi buat kamu yang baru menggunakan atau belum sama sekali menggunakannya, kamu tidak akan tahu tentang hal tersebut.

Baca Juga:

• Cara Mengganti Mesin Pencari di Google Chrome Jadi Yandex, Bing, Yahoo, DuckDuckGo

• Cara Mengubah Bahasa di Yandex Browser ke Bahasa Indonesia

Biasanya, untuk orang yang ingin beralih dari yang tadinya menggunakan search engine lain lalu ingin menggunakan Baidu, pasti akan mencari tahu terlebih dahulu tentang informasi mengenai fungsi Baidu, fitur utama dari Baidu Browser, keunggulan dan kelemahannya. Jadi dengan begitu, alasan mereka menggunakan Baidu akan terlihat lebih jelas lagi.

Nah, jika kamu ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan Baidu tapi kamu tidak ingin mencari tahunya sendiri dengan cara mencari dan mencobai semua fitur yang ada didalam Baidu yang akan merepotkan kamu, untuk itu disini admin akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari mesin pencari asal China tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Baidu Browser

Kelebihan dan Kekurangan Baidu Browser

Disini kita akan membahas tentang beberapa keunggulan serta kekurangan Baidu mulai dari segi pencarian, fitur-fitur yang ditawarkan, cara penggunaan, tampilan dan dari segi lainnya. Buat kamu yang ingin memutuskan untuk menjadi salah satu pengguna Baidu Browser, sebelumnya kamu wajib tahu dulu beberapa hal tentang Baidu search engine.

Pada ulasan pertama ini admin akan sebutkan berbagai kelebihan yang dimiliki fitur Baidu Browser yang beberapa diantaranya tidak dimiliki oleh mesin pencari lain. Sekarang langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

Kelebihan Baidu Browser:

1. Kecepatan

Search engine Baidu memiliki fitur yang bernama T5 engine, fitur ini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan loading saat kamu membuka sebuah halaman web atau melakukan aktifitas lainnya sampai dengan 30%.

2. Fitur pindai kode QR

Kelebihan Baidu yang selanjutnya yaitu adanya fitur untuk melakukan scanning pada sebuah kode QR atau QR code. Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa mengetahui isi dari QR code yang kamu pindai dengan cara yang sangat mudah sekali.

3. Tangkapan layar langsung

Didalam Baidu Browser kamu bisa melakukan screenshot atau tangkapan layar secara langsung di sebuah halaman web. Caranya sangat mudah, kamu tinggal mengunjungi halaman situs lalu buka opsi pilihan dan pilih opsi screenshot.

4. Tampilan

Untuk kelebihan Baidu search engine dari segi tampilan yaitu memiliki tampilan user interface yang sederhana namun tetap menarik untuk dilihat. Selain itu, kamu juga bisa mengubah tampilan atau tema sesuai dengan yang kamu inginkan.

5. Pilihan tempat penyimpanan hasil download

Di search engine Baidu kamu bisa menentukan sendiri tempat yang akan digunakan sebagai penyimpanan file-file yang sudah kamu download.

6. Fitur Feedback

Kesal dengan beberapa masalah yang sering kamu alami ketika menggunakan Baidu? Jika iya, kamu bisa melaporkannya ke pihak Baidu dengan memanfaatkan fitur feedback atau umpan balik. Fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk memberi saran atau melaporkan bug-bug yang kamu temukan disana. Dengan adanya fitur feedback ini sangat membantu sekali bagi pengguna dan juga pengembang Baidu itu sendiri.

7. Menyajikan berita terupdate

Salah satu kelebihan yang cukup terkenal di Baidu Browser adalah selalu menghadirkan berita terbaru setiap harinya.

8. Fitur Download Manager

Baidu memiliki fitur yang bernama Download Manager yang fungsinya untuk mempercepat dan memaksimalkan proses download.

9. Fitur Built-In App

Secara sederhananya, Bulit-In App ini merupakan sebuah aplikasi tambahan yang memungkinkan pengguna tidak memerlukan aplikasi diluar dari Baidu Browser itu sendiri sehingga akan lebih simpel dan praktis.

Kurang lebih itulah beberapa kelebihan dari Baidu Browser. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi fitur yang menjadi keunggulan Baidu Browser seperti Slide to Zoom, Night Mode, dan beberapa fitur lainnya.

Kekurangan Baidu Browser:

1. Kecepatan download rendah

Meskipun didalam Browser Baidu terdapat fitur Download Manager, namun sepertinya hal itu tidak berpengaruh terhadap proses download di Baidu yang terbilang cukup lemot atau lambat. Hal ini akan terasa lagi saat koneksi internet di HP kamu sedang tidak stabil, bisa-bisa proses download tidak berjalan sama sekali.

2. Kecepatan pencarian

Selain masalah dari kecepatan mengunduh, Baidu juga sering memiliki masalah dari segi kecepatan pencarian yang dimana hasil pencarian ditampilkan agak lambat.

3. Hasil pencarian

hasil pencarian di aplikasi Baidu Browser terbilang cukup minim dan terkadang tidak akurat dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna.

4. Bahasa yang digunakan

Karena merupakan search engine yang berasal dari China, bahasa Baidu dominan menggunakan bahasa mandarin. Sebenarnya hal ini bukan suatu masalah yang serius karena kita masih bisa mengubah bahasa Baidu Browser ke bahasa Indonesia.

5. Keamanan

Kekurangan Baidu Browser yang terakhir yaitu dari segi tingkat keamanan yang dianggap rendah bahkan sempat muncul isu bahwa Baidu tidak aman kirim data ke server. Namun, hal itu hanyalah sebuah isu yang belum terkuak fakta benar atau tidaknya. Lagi pula, menjaga keamanan memang wajib dilakukan oleh kita sendiri bahkan ketika kita mengakses sebuah situs yang dianggap aman.

Baca Juga:

• Fitur Rahasia Unik Dan Menarik Di Mesin Pencarian Google Yang Jarang Orang Tahu!

• Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Data Di Google Chrome Android

Mungkin hanya itu saja beberapa kelebihan dan kekurangan dari search engine Baidu. Kamu harus tahu bawah hingga saat ini Baidu Browser tidak berhenti melakukan perkembangan, mungkin saja suatu saat nanti beberapa kekurangannya akan hilang dan beberapa kelebihannya akan bertambah lagi.

Jika ingin tahu lebih dalam lagi tentang kelebihan dan kekurangan lainnya yang mungkin tidak admin sebutkan di daftar diatas, cara satu-satunya adalah dengan langsung menggunakan mesin pencari tersebut. Kamu akan menemukan sendiri kelebihan ataupun kekurangannya seiring berjalannya waktu ketika kamu menggunakannya.

Seperti yang sudah admin katakan diatas, selain Baidu, setiap mesin pencari lain seperti Google, Yahoo, Yandex, Bing, DuckDuckGo, Vivaldi, Maxthon, Altavista dan mesin pencari lainnya, pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, namun menurut admin hal itu bersifat subjektif tergantung fitur apa yang dicari oleh pengguna.

Meskipun fungsi utamanya memang sama yaitu untuk melakukan pencarian, namun tidak semua search engine memiliki fitur yang sama, terkadang ada fitur yang dimiliki oleh mesin pencari A namun tidak dimiliki oleh mesin pencari B. Jadi kesimpulannya, pilihlah mesin pencari yang didalamnya terdapat fitur yang kamu butuhkan.

Nah, tujuan admin membahas beberapa kelebihan dan kekurangan di Baidu search engine adalah agar memudahkan kamu untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya karena siapa tahu fitur yang kamu butuhkan ada didalam Baidu Browser.

Cukup sampai disini saja pembahasan yang bisa admin sampaikan tentang kelebihan dan kekurangan Baidu Browser. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Baidu Browser"