Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android


Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

 Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang atau ingin bekerja di bagian pengelola keuangan misalnya seperti akuntansi, finance, atau administrasi keuangan, setidaknya wajib bagi kamu untuk mengetahui cara mengubah Dollar ke Rupiah dan nilai tukar mata uang dari negara lainnya.

Mata uang dari setiap negara itu pasti berbeda-beda nilainya dengan mata uang dari negara lain, begitupun pada Dollar USD ketika kita ubah nilainya menjadi Rupiah. Selain berbeda, kurs mata uang juga bisa saja berubah-ubah setiap minggu atau bahkan setiap harinya.

Maka dari itu, jika kamu ingin menghitung Dollar ke Rupiah, kamu harus menggunakan sebuah alat yang konversi mata uang yang real time, entah alat itu berbentuk aplikasi ataupun situs. Dengan begitu, jumlah tukar mata uang yang kamu lakukan benar dan akurat setiap waktunya sesuai dengan kurs Dollar ke Rupiah hari ini.

Baca Juga:

• 5 Aplikasi Baca Berita Dapat Uang Dan Pulsa Gratis Di Android

• Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android

Sekarang ini sudah ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah Dollar ke rupiah di Android dengan mudah, kamu bisa melakukannya tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi.

Nah, berikut ini admin akan membagikan sekiranya 4 cara untuk konversi Dollar ke Rupiah atau Rupiah ke Dollar dengan mudah di HP Android yang sering kamu gunakan sehari-hari.


4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

Sebelum admin membagikan tutorialnya, kamu harus tahu bahwa yang akan kita konversikan disini adalah $ Dollar USD atau Dollar Amerika Serikat atau yang biasa disebut juga dengan Dollar AS, yang admin khawatirkan kamu menganggapnya Dollar dari negara lain.

Sebab, Dollar bukan hanya USD atau Dollar AS saja namun ada juga Dollar Singapura, Dollar Australia, Dollar Kanada, Dollar Hongkong dan Dollar dari negara lain yang sudah jelas nilai tukar ke Rupiahnya akan berbeda satu sama lain.

Ada 4 cara yang akan admin bagikan untuk menghitung Dollar ke Rupiah dengan Android. Keempat cara ini menggunakan alat yang real team yang artinya, perhitungan mengikuti pembaruan kurs setiap waktu. Jadi, kemungkinan cara ini bisa berlaku sampai kapanpun.


1. Mengubah Dollar ke Rupiah secara manual

Untuk cara yang pertama ini bisa kita sebut juga sebagai cara manual karena kamu harus menghitungnya sendiri. Agar lebih mudah, kamu juga bisa menggunakan kalkulator. Namun sebelum itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu kurs Dollar ke Rupiah.

Untuk caranya sendiri sangat sederhana sekali, kamu tinggal cek kurs dari Dollar ke Rupiah untuk saat ini. Untuk mengeceknya kamu bisa menggunakan situs perbankan atau melalui situs-situs di Internet.

Jika kamu sudah tahu kurs 1$ berapa Rupiah, kamu tinggal kalikan saja menjadi berapa Dollar yang kamu mau. Misalnya 1 Dollarnya adalah Rp14.800, nah jika kamu ingin tahu 10 Dollar itu berapa Rupiah, kamu tinggal kalikan saja 10 dengan Rp14.800, dan hasilnya 10 Dollar adalah Rp148.000 jika kita hitung menjadi Rupiah.

4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

Apabila kamu sedang malas berhitung untuk ubah Dollar ke Rupiah, kamu bisa menggunakan beberapa cara lainnya dibawah ini.


2. Mengubah Dollar ke Rupiah dengan Google

Dengan membaca judul diatas, kamu jangan langsung menyimpulkan bahwa cara ini akan sama dengan cara diatas atau cara yang pertama tadi, caranya tentu saja berbeda. Di cara ini kami tidak perlu melalukan perhitungan.

1. Buka aplikasi Google di Android kamu masing-masing.

2. Didalam kolom pencarian Google, ketikan keyword "(Jumlah) Dollar di Rupiah". Untuk Jumlah isi dengan jumlah Dollar yang ingin di Rupiahkan, contohnya 1000 Dollar di Rupiah. Jika sudah, tap cari.

Setelah itu kamu sudah bisa langsung mengetahui harga Dollar ke Rupiah didalam hasil pencarian Google itu.

2. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

3. Jika kamu ingin menghitung sebaliknya, yaitu dari Rupiah ke Dollar, gunakan kata kunci pencarian "(Jumlah) Rupiah di Dollar", contoh 70.000 Rupiah di Dollar, kemudian cari.

3. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

4. Selesai.


3. Merubah Dollar ke Rupiah dengan situs online

Di cara yang ketiga kita akan menggunakan salah satu fitur konversi mata uang yang disediakan oleh salah satu situs yang ada di Internet. Situs ini memiliki alat konversi mata uang yang real-team yang artinya kurs akan diperbarui tiap saat. Berikut tutorialnya.

1. Buka browser di HP Android kamu. Kamu boleh menggunakan browser apapun yang kamu mau.

2. Didalam browser, kunjungi situs dengan alamat https://m.id.investing.com/currency-converter/.

3. Jika sudah berada didalam situs tersebut, kamu sudah bisa langsung ubah mata uang Dollar ke Rupiah dengan cara memasukan jumlah Dollar pada kolom yang tertera disana (kolom USD).

3. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

4. Setelah memasukan jumlah Dollar pada kolom tersebut kamu sudah bisa melihat hasilnya pada kolom yang berada dibawahnya (kolom IDR).

4. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

5. Jika ingin mengubah nilai pertukaran mata uang menjadi Rupiah ke Dollar, tap opsi "Tukar".

5. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

6. Jika ingin mengubah kedua mata uang tersebut menjadi mata uang dari negara lain, tap bendera dari negara itu dan pilih mata uang dari negara mana dan ke negara mana mata uang itu akan dikonversikan.

6. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

7. Selesai.


4. Mengubah Dollar ke Rupiah di Android menggunakan aplikasi

Jika ketiga cara diatas tidak menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi, di cara yang terakhir ini kita akan menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga yang bernama Currency Easy Converter. Ukuran dari aplikasi ini hanya sekitar 9MB-an, jadi tidak akan terlalu membebani ruang penyimpanan di smartphone Android kamu.

Mungkin ada sebagian dari kamu yang merasa bahwa dengan menggunakan aplikasi converter di Android pasti cara mengubah atau mengkonversi mata uang Dollar jadi Rupiah akan menjadi lebih simpel dan lebih mudah lagi. Nah, disini admin buatkan tutorialnya beserta dengan rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan.

Sebelum melanjutkan ke tutorialnya, silahkan kamu download dan pasang terlebih dahulu aplikasi bernama Currency Easy Converter di Android kesayanganmu. Kamu bisa install aplikasi kalkulator mata uang ini melalui Play Store.

Sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan bahwa jaringan internet yang sedang kamu gunakan stabil agar aplikasi lebih akurat dan tidak terjadi kesalahan dalam soal perhitungan kurs nilai mata uang.

Jika sudah, sekarang kita masuk ke tutorial lengkapnya.

1. Buka aplikasi Currency di HP Android kamu masing-masing.

2. Pada tampilan awal aplikasi tersebut, mata uang yang akan dikonversikan adalah dari Dollar USD ke Euro, nah agar menjadi Dollar ke Rupiah, tentu saja kamu harus mengubah mata uang yang Euro itu menjadi Rupiah. Caranya, tap ikon bendera Euro itu.

2. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

3. Selanjutnya kamu cari dan pilih IDR atau Indonesian Rupiah.

3. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

4. Sekarang kamu tinggal mengetikan saja jumlah Dollar yang nilainya ingin kamu ubah ke Rupiah. Dan hasil nilainya bisa langsung kamu lihat disana.

4. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

5. Ternyata, aplikasi ini bukan hanya bisa mengubah 2 mata uang saja, namun bisa juga mengkonversikan 3 sampai 4 mata uang sekaligus dari negara yang kamu mau. Untuk caranya, tap ikon balok tiga seperti contoh gambar dibawah ini.

5. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

6. Sekarang kamu tinggal memilih jumlahnya saja. Jika ingin 3 mata uang kamu pilih "3 Currencies", jika ingin 4 mata uang pilih "4 Currencies". Sedangkan untuk "2 Currencies" adalah yang sedang kamu gunakan saat ini.

6. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

7. Beberapa mata uang dari negara itu bisa kamu ubah ke mata uang negara lain sesuka hati kamu.

7. 4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android

8. Selesai.

Kamu sudah tahu bahwa aplikasi menghitung nilai mata uang diatas bukan hanya bisa mengubah nilai mata uang dari Dollar ke Rupiah (IDR) saja, melainkan bisa juga mengubah mata uang dari negara lain seperti euro, won, yen, ringgit, dan semua mata uang dari negara lain juga.

Baca Juga:

• Cara Mengubah Kuota TikTok Menjadi Kuota Utama Indosat

• Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Remote TV Menggunakan Aplikasi ZaZa Remote

Bagaimana, untuk ubah Dollar ke Rupiah bisa juga dilakukan dengan cara yang mudah, bukan?

Bahkan untuk melakukannya kamu tidak perlu mempunyai skill berhitung yang cukup mendalam. Di era teknologi yang semakin canggih ini, sudah banyak alat yang bisa kita gunakan untuk mengerjakan tugas tertentu agar menjadi lebih simpel. Ya salah satunya adalah dalam urusan mengkonversikan mata uang.

Demikian ulasan mengenai cara mengubah Dollar ke Rupiah di Android, baik dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi tambahan sekalipun. Jika mengalami kendala dengan tutorial diatas, silahkan laporkan saja kendala yang kamu alami pada kolom komentar dibawah ini. Semoga saja admin bisa membantu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengubah Dollar ke Rupiah di Android"