Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan apt dan pkg di Termux


Perbedaan apt dan pkg di Termux

 Sebagai pengguna Termux kamu pasti pernah menginstall sebuah package menggunakan perintah yang diawali dengan pkg dan apt. Karena ada yang sering menggunakan apt dan ada juga yang sering menggunakan pkg, mungkin hal itu membuat kamu sedikit penasaran dan ingin mengetahui perbedaan dari kedua perintah tersebut.

Untuk menghilangkan rasa penasaran kamu, disini admin akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan dari apt dan pkg yang sering kamu gunakan di Termux.

Sebenarnya pkg dan apt (Advanced Package Tool) sama-sama merupakan manajer paket baris perintah yang menyediakan perintah untuk mencari, menginstall, memperbarui mengelola, dan mencari tahu informasi tentang package contohnya seperti menanyakan tentang versi dari sebuah package.

Namun bedanya, pkg adalah pembungkus dari apt, jadi penggunaan pkg di aplikasi Termux akan lebih menyederhanakan penginstalan atau pembaruan package karena akan memperbarui daftar apt secara otomatis tanpa mengharuskan kamu untuk mengetikan perintah pembaruan yang tepat saat ingin menginstall ataupun memperbarui package.


Baca Juga:

• Cara Menampilkan Tombol Kanan Kiri Pada Termux Versi Terbaru

• Cara Menghapus Teks Welcome Di Termux Dengan Mudah


Meskipun begitu, untuk fungsi dari pkg dan apt tidak ada yang berbeda, misalnya ketika kamu menjalankan perintah pkg update dan apt update di Termux, keduanya akan sama-sama bekerja untuk memperbarui package. Begitupun untuk perintah-perintah lainnya.

Selain bisa menggunakan pkg dan apt, ternyata ada juga loh yang menggunakan awalan perintah apt-get, contohnya seperti apt-get update. Mungkin kamu juga pernah melihat seseorang menggunakan perintah tersebut di Termux.

Untuk perbedaan apt dan apt-get, apt bisa kita sebut sebagai pembaruan dari apt-get dan apt-cache, dimana kedua perintah umum yang paling sering digunakan pada apt-get dan apt-cache digabungkan menjadi satu kedalam apt. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan penggunaan.


Baca Juga:

• Cara Merubah Prompt Atau Tanda $ Dollar Di Termux Dengan Mudah

• Belajar Cara Membuat Script Loading Di Termux Untuk Pemula

• Download Aplikasi Termux Float Gratis Dan Cara Menggunakannya


Itulah sedikit pembahasan mengenai perbedaan apt dan pkg di Termux. Semoga sampai disini kamu sudah paham tentang perbedaan antara keduanya. Cukup sampai disini saja untuk artikel yang bisa admin sampaikan, kurang lebihnya admin mohon maaf. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Perbedaan apt dan pkg di Termux"