Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android


Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

 Di aplikasi YouTube yang sering kamu gunakan untuk menonton video tidak hanya ada video yang berbahasa Indonesia saja, melainkan banyak sekali video dengan bahasa-bahasa asing lainnya yang tidak semuanya kita mengerti.

Tapi tenang, YouTube sekarang sudah memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menampilkan subtitle bahasa Indonesia di video yang berasal dari luar negri. Jika penasaran bagaimana caranya, ikuti terus tutorial ini ya.

Setiap harinya konten kreator video di YouTube semakin bertambah saja. Hal itu membuat video yang bisa kita tonton semakin banyak juga. Para kreator di YouTube saling berlomba-lomba untuk memamerkan karya terbaik miliknya.

Apalagi saat ini aplikasi YouTube bisa dijadikan sebagai media yang dapat menghasilkan uang banyak. Tak sedikit orang yang sudah menghasilkan uang ratusan juta bahkan milyaran rupiah hanya dengan membuat video di aplikasi YouTube saja.


Baca Juga:

• Cara Menonaktifkan Autoplay Video Di Beranda YouTube 2021

• 3 Aplikasi Download Video YouTube Langsung Ke Galeri

• Cara Mengubah Resolusi Video YouTube Terbaru 2021


Wajar saja jika para konten kreator di YouTube membuat video semenarik mungkin agar banyak orang yang tergoda untuk menontonnya dan lebih bagus lagi jika banyak orang yang membagikan video YouTube tersebut ke teman-temannya. Semakin banyak yang menonton maka semakin besar pula penghasilan yang akan didapatkan.

Namun semua itu tidak semudah apa yang dipikirkan. Mereka harus berusaha dan kerja keras terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang di inginkan.

Biasanya Agar video tersebut mendapatkan jangkauan yang lebih luas lagi, para konten kreator menampilkan subtitle untuk beberapa bahasa agar penontonnya yang berasal dari negara selain Indonesia juga tetap bisa menikmati video yang dibuatnya itu. Pihak YouTube sendiri memang sudah menyediakan fitur untuk menerjemahkan bahasa video didalam aplikasi miliknya.

Saat kamu sedang berjelajah di YouTube lalu menemukan sebuah video di Youtube orang lain yang sangat menarik namun sayangnya video tersebut berbahasa asing, kamu bisa mengubah subtitle video YouTube itu kedalam bahasa Indonesia atau ke bahasa lain yang kamu mengerti. Melihat hal itu membuat kita sadar bahwa kehadiran dari fitur subtitle YouTube memang sangat bermanfaat sekali.


Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

Membuat YouTube subtitle Indonesia tidaklah sulit, kamu hanya perlu mensetting-nya didalam aplikasi YouTube itu sendiri. Disini kamu hanya perlu melakukan dua langkah, yaitu menambahkan bahasa Indonesia kedalam subtitle dan mengaktifkan subtitle-nya didalam video YouTube yang kamu tonton.

Barangkali kamu keliru dan masih ada yang masih tidak paham tutorial ini dibuat untuk siapa jadi admin tegaskan kembali bahwa cara ini di buat untuk penonton saja, bukan untuk konten kreator yang ingin menambahkan terjemahan ke video yang dibuatnya untuk di upload ke YouTube. Sudah paham kan? Oke.


Cara Menambahkan Dan Mengaktifkan Bahasa Indonesia Untuk Subtitle Video YouTube

1. Buka aplikasi YouTube di HP Android kamu.

2. Pada beranda aplikasi YouTube, tap ikon foto profile kamu yang terdapat di atas kanan layar.

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

3. Setelah itu pilih menu "Setelan".

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

4. Didalam setelan kamu pilih opsi "Subtitle".

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

5. Dihalaman selanjutnya kamu tinggal mengaktifkan "Subtitle". Dibawahnya kamu akan melihat opsi "Bahasa", silahkan kamu pilih opsi tersebut lalu cari dan pilih bahasa Indonesia. Disana kamu juga akan melihat opsi "Ukuran teks" dan "Gaya teks", kedua opsi tersebut adalah untuk mengatur besar kecil huruf dan font dari teks subtitle yang akan ditampilkan, silahkan kamu sesuaikan saja sesuka hati.

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

6. Jika semua hal diatas sudah berhasil kamu lakukan, sekarang saatnya kamu mengaktifkan subtitle untuk menampilkan bahasa Indonesia di video YouTube yang ingin kamu tonton. Caranya adalah dengan mencari dan memutar terlebih dahulu video tersebut. Jika kamu sudah memutar videonya kemudian untuk menampilkan subtitle Indonesia, tap tulisan CC yang berada di atas video tersebut. Dan subtitle Indonesia akan langsung ditampilkan.

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

7. Selesai.

Jika subtitle tersebut terus diaktifkan maka semua video yang kamu tonton akan di terjemahkan secara otomatis. Jika tidak ingin hal itu terjadi kamu bisa mematikan subtitle melalui setelan seperti diatas dan menonaktifkannya kembali, atau bisa juga menggunakan cara mudah yaitu dengan tap CC diatas video saat kamu memutar video yang tidak ingin diterjemahkan bahasanya.

Jika video yang kamu putar tetap menampilkan teks dari bahasa bawaannya padahal kamu sudah memilih bahasa Indonesia berarti video tersebut tidak mendukung bahasa yang dipilih.


Cara Menampilkan Subtitle Video Di YouTube Yang Tidak Ada CC

Tidak semua video YouTube memiliki tombol CC, tombol yang dimana berfungsi untuk mengaktifkan subtitle. Biasanya hal itu terjadi disebabkan karena pembuat video tidak menambahkan subtitle didalamnya atau mungkin juga karena ada kesalahan lain yang tidak diketahui secara pasti. Jika video yang kamu putar juga demikian, tenang saja, admin akan berikan solusinya. 

1. Didalam aplikasi YouTube di Android kamu, buka video yang kamu inginkan.

2. Setelah itu tap ikon titik tiga yang berada diatas kanan video.

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

3. Setelah muncul beberapa menu, tap menu "Subtitle".

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

4. Setelah itu pilih bahasa yang kamu inginkan, disana hanya terdapat dua bahasa yaitu Inggris dan Indonesia.

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

5. Selesai.

Sekarang subtitle video sudah berhasil ditampilkan meskipun video tersebut tidak memiliki tombol CC. Apabila subtitle YouTube tidak muncul juga itu artinya video tersebut tidak memiliki subtitle. Tapi kamu jangan dulu bersedih, masih ada kok cara alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.


Cara Menampilkan Bahasa Indonesia Di Video YouTube Yang Tidak Ada Subtitle

Berikutnya yang bisa dilakukan untuk kamu yang ingin menambahkan bahasa Indonesia kedalam video YouTube yang berbahasa asing namun video tersebut tidak memiliki subtitle adalah dengan cara mendownload subtitle dari video YouTube tersebut. Cara ini berlaku untuk pengguna Android maupun PC.

1. Masuk kedalam aplikasi YouTube lalu cari dan pilih video yang kamu inginkan. Setelah kamu menemukan videonya, tap "Bagikan".

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

3. Setelah itu pilih "Salin link".

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

3. Setelah mendapatkan link videonya sekarang kamu keluar dulu dari aplikasi YouTube lalu masuk kedalam aplikasi browser, bisa menggunakan Chrome, Opera Mini, atau browser kesukaan kamu yang lainnya. Setelah berada didalam browser tersebut kunjungi halaman website yang bernama "yousubtitles.com".

4. Dihalaman beranda website tersebut kamu akan melihat sebuah kolom, silahkan kamu paste atau tempelkan link video YouTube tadi didalam kolom tersebut. Jika sudah tap "Download". Setelahnya pilih bahasa indonesia.

Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

5. Sekarang kamu tinggal menunggu saja proses download file YouTube subtitle translate video ke bahasa Indonesia hingga selesai. Jika sudah selesai file tersebut akan berformat .srt.

7. Selesai.

Ingat, cara diatas hanya akan mendownload file subtitle-nya saja, jadi untuk memasukan subtitle tersebut kedalam video di YouTube bisa kamu lakukan dengan syarat kamu harus terlebih dahulu mendownload videonya agar video tersebut tersimpan di galeri.

Jika tidak tahu cara mendownload video dan menggabungkan subtitle-nya, kamu bisa melihat cara lengkapnya didalam artikel berikut ini:

1. Cara Mudah Download Video Dan Musik Di YouTube Tanpa Aplikasi Tambahan

2. Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Video Tanpa Aplikasi Di Android

Kami bisa menggunakan 2 langkah diatas.


Baca Juga:

• 2 Cara Menerjemahkan Halaman Web Di Google Chrome Android

• Cara Otomatis Menerjemahkan Berbagai Bahasa Chat WhatsApp Ke Bahasa Indonesia


Itulah cara menampilkan subtitle bahasa Indonesia di video YouTube Android.

Admin rasa sudah cukup sampai disini saja tutorialnya, sampai jumpa lagi di artikel menarik dari teknoinfo09.com selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android"