Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup Dan Restore Pada Aplikasi Termux Android


Cara Backup Dan Restore Pada Aplikasi Termux Android

 Backup dan restore pada aplikasi Termux adalah melakukan pencadangan data didalam Termux kemudian kamu bisa untuk memulihkan datanya kembali. Untuk mengantisipasi kehilangan data penting di dalam Termux milikmu maka kamu harus melakukan backup. Nah, dikesempatan ini kita akan membahas cara backup data Termux dan cara untuk memulihkannya.

Tahukah kamu bahwa aplikasi Termux bisa dijadikan sebagai penyimpanan data yang aman dan tidak mudah diakses oleh orang lain. Banyak orang yang lebih memilih untuk menyimpan data pentingnya di dalam Termux. Semua data bisa kamu simpan didalam Termux, mulai dari dokumen, foto, video, dan file lainnya yang menurut kamu sangat penting.

Meskipun didalam Termux tidak bisa menampilkan sebuah gambar ataupun video, namun hal ini bisa dilakukan sebagai jaga jaga jika suatu saat nanti data asli dari file tersebut terhapus. Jadi kamu bisa mengembalikan datanya dengan cara mengakses aplikasi Termux saja.

Data yang kamu masukan ke Termux akan sangat sulit untuk diakses apalagi orang tersebut tidak mengerti mengerti tentang  perintah-perintah yang ada didalam aplikasi Termux.

Selain itu, melakukan backup data Termux juga berfungsi untuk melindung script, program yang dibuat, atau package yang sudah terinstall. 


Baca Juga:

• Cara Membuka Sesi Baru Di Aplikasi Termux Android

• Kumpulan Script Termux Terbaru 2021 Work


Meskipun aman, namun menyimpan data di Termux saja tidak cukup, kamu juga harus mencadangkannya. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengembalikan data data tersebut jika suatu saat nanti data didalam Termux itu hilang ataupun terhapus.

Jika ingin memulihkan data di aplikasi Termux yang sebelumnya sudah dihapus, bisa kamu lakukan dengan mudah asalkan data tersebut sudah kamu backup sebelumnya.

Sebelum kamu bisa melakukan backup dan restore data di Termux, yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah memindahkan file tersebut ke Termux. Jika kamu tidak mengerti caranya, silahkan ikuti langkah langkah berikut ini.


Berikut ini cara pindahkan file kedalam Termux

• Buka aplikasi Termux di HP Android kamu masing-masing. Jika kamu belum memiliki aplikasi Termux, silahkan download terlebih dahulu di Play Store.

• Didalam aplikasi Termux, jalankan beberapa perintah dibawah ini:

$ pkg update && pkg upgrade

$ termux-setup-storage

$ cd /sdcard

Perintah yang pertama berfungsi untuk mengupdate dan memperbarui package yang tersedia. Sedangkan perintah kedua fungsinya adalah untuk meminta izin agar Termux bisa mengakses penyimpanan internal di Android kamu. Dan perintah ketiga adalah untuk masuk ke penyimpanan internal.


• Sekarang masuk ke folder tempat file yang ingin kamu pindahkan berada. Perintahnya adalah:

$ cd (Nama folder)

Contoh

$ cd Download


• Untuk melihat semua file yang terdapat pada folder tersebut. Ketikan perintah:

$ ls

Setelah itu kamu akan melihat beberapa file, carilah nama file yang ingin kamu pindahkan kedalam aplikasi Termux.


• Setelah file ditemukan, untuk memindahkannya gunakan perintah:

$ mv (nama file) /$HOME

Contoh:

$ mv images.jpg /$HOME

Diatas adalah cara memindahkannya ke home Termux, namun jika ingin memindahkannya kedalam folder didalam aplikasi Termux, maka perintahnya adalah:

$ mv (nama file) /$HOME/(nama folder)

Contoh:

$ mv images.jpg /$HOME/Download


• Sekarang saatnya kita kembali ke home Termux dengan perintah:

$ cd ..

$ ls

Setelah itu cari nama file tersebut, jika ada berarti kamu sudah berhasil.

Setelah file itu dipindahkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan cara backup data Termux. Berikut ini tutorial lengkapnya.


Cara Backup Dan Restore Pada Aplikasi Termux Android

Akan sangat disayangkan sekali jika file penting kamu yang ada di Termux tiba tiba terhapus atau menghilang dengan alasan yang tidak jelas. Maka dari itu, penting bagi kita untuk melakukan antisipasi agar terhindar dari masalah seperti diatas.

Pada kondisi itulah fungsi dari backup dan restore sangat diperlukan untuk mengembalikan data Termux yang terhapus.

Untuk melakukan backup pada aplikasi Termux ada cara yang bisa kamu coba.


Cara pertama

Cara untuk backup:

$ mkdir -p /sdcard/termux-backup/

$ pkg update && pkg -o APT::Keep-Downloaded-Packages="true" upgrade -y

$ mv $PREFIX/var/cache/apt/archives/*.deb /sdcard/termux-backup 2>/dev/null


Cara untuk restore:

$ cd /sdcard/termux-backup

$ pkg install ./nama-file.deb


Cara Kedua

Cara untuk backup:

$ cd /data/data/com.termux/files

$ tar -cvzf /sdcard/termux-backup.tgz --owner=0 --group=0 home usr


Cara untuk restore:

$ cd /data/data/com.termux/files

$ tar -xvzf /sdcard/termux-backup.tgz


Baca Juga:

• Cara Membuat Wordlist Target Di Termux Dengan Mudah

• Cara Menghapus Teks Welcome Di Termux Dengan Mudah


Itulah dua cara untuk backup dan restore data pada aplikasi Termux Android. Perhatikan setiap kata dari perintah diatas untuk menghindari terjadinya kesalahan.

Saran dari admin adalah ketika kamu sudah berhasil melakukan backup, jangan kamu praktikan dengan cara menghapus data di Termux sebagai percobaan. Namun lakukanlah restore jika data di Termux memang sudah terhapus.

Sekian dari tutorial backup dan restore data didalam Termux. Jika masih ada yang tidak mengerti, silahkan tanyakan pada kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Backup Dan Restore Pada Aplikasi Termux Android"