Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Mode Gelap Untuk Semua Website Di Google Chrome


Cara Membuat Mode Gelap Untuk Semua Website Di Google Chrome

Tahukah kamu, ketika kamu mengaktifkan mode gelap di Chrome, tidak semua halaman website yang ada didalamnya akan ikut terpengaruh. Malah, sebagian besar website tetap menampilkan background berwarna putih. Contohnya saja pada hasil pencarian di Google yang tetap menampilkan background dengan warna putih meskipun mode gelap sudah diaktifkan.

Memang ada sebagian website yang sudah memfasilitasi tombol untuk membuat mode gelap di situs blog milik mereka yang disediakan untuk digunakan oleh para pengunjungnya. Namun itu hanya ada pada sebagian website saja, masih banyak website-website lain yang tidak memilikinya, termasuk salah satunya adalah website yang saat ini sedang kamu kunjungi.

Ada sebagian pengguna Chrome yang merasa percuma dengan mengaktifkan fitur mode gelap jika tidak semua website yang ia kunjungi tampilannya tetaplah sama seperti tidak menggunakan mode gelap.


Baca Juga:

• Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser Di Android

• Cara Menyimpan Halaman Web Untuk Dibaca Offline

• Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Data Di Google Chrome Android


Sebenarnya ada cara yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan dark mode pada semua website didalam Chrome. Caranya sangat sederhana, kamu juga tidak perlu menggunakan bantuan dari aplikasi apapun.

Setiap orang pasti memiliki alasan mengapa ingin menggunakan mode gelap aplikasi Google Chrome. Alasan yang sering kali terdengar adalah karena penggunaan mode gelap dapat membantu mengurangi cahaya putih dari layar HP. Hal itu tidak membuat mata silau dan cepat lelah, sehingga kegiatan membaca atau kegiatan lainnya di dalam sebuah website tidak akan terganggu.


Cara Membuat Mode Gelap Untuk Semua Website Di Google Chrome

Disini kamu akan membuat website menjadi mode gelap dengan fitur atau pengaturan yang tersembunyi didalam Google Chrome yang biasa disebut dengan Chrome //flags dark mode.

Chrome flags adalah fitur rahasia Google Chrome yang dapat diakses oleh siapapun penggunanya. Disana kamu bisa mecoba beberapa fitur dari Chrome yang sedang dikembangkan tapi belum diluncurkan. Pengguna dapat menggunakan fitur-fitur di dalam Chrome flags tersebut secara gratis sebagai eksperimen.

Dari sekian banyaknya fitur yang tersedia, ada salah satu fitur yang dapat digunakan untuk memaksa tampilan mode gelap di semua website di Google Chrome. Dan disini kita akan memanfaatkan fitur tersebut.


Membuat mode gelap untuk semua website di Chrome

1. Langkah awal adalah membuka Chrome di HP Android kamu masing-masing. Pastikan mode gelap utama di Chrome sudah diaktifkan. Jika belum, kamu bisa melihat cara mengaktifkannya disini.


2. Pada kolom pencarian url didalam Chrome, ketik dan cari "chrome://flags".

Cara Membuat Mode Gelap Untuk Semua Website Di Google Chrome


3. Selanjutnya kamu akan diarahkan kedalam halaman utama pada Chrome flags. Pada kolom pencarian di halaman tersebut ketikan "Dark mode" lalu cari.

Cara Membuat Mode Gelap Untuk Semua Website Di Google Chrome


4. Setelah itu kamu akan melihat menu "Force Dark Mode for Web Contents", atau yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah Paksa mode gelap untuk konten web. Di bawah menu tersebut, kamu juga akan melihat opsi "Default". Silahkan tap opsi tersebut.

Cara Membuat Mode Gelap Untuk Semua Website Di Google Chrome


5. Lalu akan muncul beberapa opsi pilihan, silahkan kamu ganti opsi default tersebut  menjadi "Enabled".

Cara Membuat Mode Gelap Untuk Semua Website Di Google Chrome


6. Jika sudah, sekarang tap "Relaunch" untuk konfirmasi. Setelah itu aplikasi Google Chrome akan memulai ulang secara otomatis. Dan kamu sudah berhasil merubah semua tampilan website menjadi dark mode.

Cara Membuat Mode Gelap Untuk Semua Website Di Google Chrome


7. Selesai.


Jika ingin menonaktifkan fitur ini, kamu tinggal mengikut semua langkah diatas dan ganti opsi Enabled ke Default lagi.

Cukup dengan menggunakan cara diatas semua website yang kamu buka menggunakan Chrome akan menjadi tema  gelap.


Baca Juga:

• Mode Incognito Google Chrome: Fungsi, Cara Mengaktifkan Dan Cara Menggunakannya

• Cara Mengaktifkan Mode Gelap Di Semua Perangkat Android

• Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Lambat Di Chrome Android


Itulah cara membuat mode gelap untuk semua website di Google Chrome Android. Sekarang kegiatan browsing kamu akan menjadi lebih nyaman berkat fitur yang ada didalam Chrome flags itu.

Sekian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Mode Gelap Untuk Semua Website Di Google Chrome"