Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Google Play Store Error Di Android


7 Cara Mengatasi Google Play Store Error Di Android

 Play Store merupakan salah satu toko aplikasi resmi milik Android yang paling sering digunakan untuk mendownload aplikasi ataupun game yang diinginkan.

Play Store sering digunakan karena menyediakan banyak sekali aplikasi ataupun game yang cukup lengkap dan kamu akan diberikan kemudahan untuk mencarinya. Selain itu, dengan aplikasi Play Store download aplikasi akan lebih simpel.

Namun, terlepas dari itu semua, pernahkah kamu mengalami error pada aplikasi Play Store? Misalnya tidak bisa dibuka, play Store tidak bisa update atau tidak bisa mendownload aplikasi. Jika pernah mengalaminya pasti hal itu membuat kamu bertanya-tanya mengapa Play Store bisa menjadi error.

Berbagai macam error tersebut memang bisa membuat kita sedikit agak kesal. Apalagi saat kita sedang membutuhkannya untuk menginstall sebuah aplikasi penting akan tetapi kamu harus menundanya karena ada kendala pada Play Store di HP Android kamu.


Baca Juga:

• Cara Update Aplikasi Android Di Google Play Store Secara Manual Dan Cara Menghentikan Update Otomatis Aplikasi

• Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error


Kenapa Play Store Error?

Umumnya ada banyak sekali kesalahan yang membuat terjadinya error di Play Store. Entah itu kesalahan dari sistem Android, pemakaian yang salah, atau karena kesalahan dari aplikasi Play Store itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa diantara penyebabnya:

1. Terjadi kesalahan pada sistem Android.

2. Ruang penyimpanan yang hampir habis.

3. Pembaruan dari Google Play Store yang mungkin saja tidak kompatibel dengan perangkat yang digunakan.

4. Cache aplikasi yang sudah menumpuk.

5. Adanya masalah pada akun Google yang tertaut dengan Play Store.

6. Kesalahan pada data Google Play Store yang tersimpan. dll.

Itulah penyebab-penyebab yang umumnya mengakibatkan Play Store error. Semua itu bukanlah poin yang begitu penting, yang terpenting adalah bagaimana cara kamu dapat mengatasi error pada Play Store tersebut sehingga bisa kembali mengoperasikannya dengan lancar tanpa adanya gangguan error apapun.

Memang, serangkaian error yang dialami oleh Google Play Store terkadang tidak bisa kita tebak secara pasti apa penyebabnya. Namun kamu tidak boleh berputus asa terlebih dahulu. Jika memungkinkan, semua masalah error tersebut masih bisa kamu perbaiki sendiri.


7 Cara Mengatasi Google Play Store Error Di Android

Sekiranya ada 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki Play Store yang error. Semua cara ini bisa kamu lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Dari pada kamu harus membawa HP kamu ke konter HP yang pastinya akan membuat kamu mengeluarkan biaya, lebih baik kamu mencoba terlebih dahulu beberapa cara dibawah ini untuk mengatasinya.


1. Mulai ulang perangkat Android

Cara pertama adalah memulai ulang perangkat. Sistem Android tidak selalu berjalan dengan lancar, ada saja gangguan yang dialami. Jika penyebab error Play Store adalah karena adanya sedikit kesalahan ringan pada sistem Android. Maka dengan me-restart adalah jawaban terbaik yang bisa kamu lakukan sebagai penanganan pertama untuk mengatasi error di Google Play Store tersebut.

Untuk melakukan restart kamu hanya perlu menekan lama tombol power lalu setelah muncul menu untuk "Mematikan daya" dan "Mulai ulang", silahkan kamu pilih "Mulai ulang".

Setelah itu kamu coba membuka aplikasi Play Store dan periksa apakah error masih ada atau tidak. Jika masih ada, kamu bisa mengatasinya dengan cara lain dibawah ini.


2. Hapus cache di aplikasi Play Store

Cara yang kedua adalah dengan menghapus cache di aplikasi Play Store. Cache yang sudah sangat menumpuk bisa saja membuat kinerja dari Play Store menurun dan membuatnya menjadi tidak berfungsi dengan baik ketika sedang digunakan.

Cara menghapus cache aplikasi Play Store:

• Buka setelan atau pengaturan di Android kamu.

• Didalam menu setelan, cari dan pilih "Aplikasi dan Izin" atau "Pengelola Aplikasi".

• Setelah itu cari dan pilih aplikasi Play Store.

• Lalu pilih "Penyimpanan".

• Sekarang tap "Hapus Cache".

• Selesai.


3. Hapus Data Aplikasi Play Store

Cara selanjutnya untuk mengatasi Play Store Error di HP Android adalah dengan menghapus data yang tersimpan didalam Aplikasi Play Store itu sendiri. Menghapus data sama halnya seperti kita me-refresh Play Store dengan harapan kinerjanya akan kembali optimal.

Cara ini hampir sama dengan cara diatas, bedanya disini yang harus kamu lakukan adalah menghapus data. Karena caranya hampir sama, jadi yang harus kamu lakukan adalah mengulang cara diatas lalu pada bagian "Hapus Cache" dan "Hapus Data", silahkan kamu pilih "Hapus Data".

Setelah itu, semua data didalam Google Play Store akan terhapus, termasuk akun, histori penelusuran, dan data yang tersimpan lainnya.

Biasanya setelah menghapus data, saat kamu membuka aplikasi Play Store, kamu akan diminta untuk login terlebih dahulu, kamu tetap bisa login kembali dengan akun yang sebelumnya digunakan. Menghapus data tidak akan menghapus akun.


4. Perbarui perangkat lunak Android

Cara mengatasi error Play Store yang berikutnya adalah dengan memperbarui perangkat lunak di Android. Biasanya setelah adanya pembaruan akan membuat terjadinya error dalam beberapa segi, termasuk salah satunya adalah pada aplikasi Play Store. Hal bisa disebut wajar karena Play Store adalah bagian dari aplikasi sistem atau aplikasi bawaan Android.

Untuk mengatasinya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan pembaruan saja dan segera perbarui setiap kali ada pembaruan yang tersedia.

Memperbarui perangkat lunak tidak akan menghapus data apapun yang ada didalam smartphone. Namun kamu harus tetap mencadangkan data-data penting milikmu untuk berjaga-jaga terjadinya kehilangan data karena sebuah kesalahan.

Berikut ini adalah cara untuk memperbaruinya:

• Buka pengaturan di HP Android milikmu. Pastikan kamu sedang terhubung ke internet.

• Cari dan pilih menu "Pengelolaan Sistem".

• Setelah itu pilih "Tentang Ponsel".

• Pada halaman selanjutnya kamu akan melihat opsi "Pembaruan sistem" atau "Pembaruan perangkat lunak".

• Langkah berikutnya tap "Periksa pembaruan"

• Jika pembaruan perangkat lunak tersedia, langsung saja kamu unduh pembaruan tersebut. Selesai mengunduh kamu tinggal memasang saja pembaruannya dan tunggu sampai proses pembaruan selesai.

• Selesai.

Baca Juga: Pengertian Dan Manfaat Pembaruan Perangkat Lunak Di Android


5. Perbarui Play Store

Jika dengan memperbarui perangkat lunak tidak berhasil untuk atasi error Play Store di smartphone Android. Cara lain yang dapat dicoba adalah dengan memperbarui aplikasi Play Store itu sendiri.

Sebenarnya aplikasi Play Store akan melakukan update versi secara otomatis jika pembaruan sudah ada. Barangkali di Android kamu tidak melakukan update secara otomatis, maka kamu bisa memperbaruinya sendiri dengan cara manual.

Alasan menggunakan cara ini sama dengan memperbarui sistem operasi diatas, yaitu memaksa kamu untuk menginstall versi terbaru agar error yang terjadi pada versi lama bisa teratasi. Berikut ini cara memperbarui aplikasi Play Store:

• Saat sedang tersambung dengan Internet, buka aplikasi Play Store di HP kamu.

• Didalam Play Store, tap ikon foto profile yang berada diatas kanan layar.

• Setelah itu pilih "Setelan".

• Dihalaman selanjutnya pilih opsi "Tentang".

• Setelahnya kamu akan melihat opsi "Versi Play Store", tap opsi tersebut.

• Jika ada pembaruan maka kamu akan ditawarkan untuk memperbaruinya.

• Selesai.

Jika muncul keterangan "Versi Google Play Store sudah yang terbaru", berarti Play Store tersebut sudah diperbarui dan dalam hal ini tidak ada masalah apapun yang berpengaruh terhadap Play Store yang error.


6. Hapus pembaruan aplikasi Play Store

Cara mengatasi terjadi kesalahan pada Play Store yang yang selanjutnya ialah dengan menghapus pembaruan dan menginstall ulang aplikasi Play Store.

Jika dirasa error tersebut datang setelah kamu melakukan pembaruan Play Store, bisa dipastikan bahwa versi terbaru tidak kompatibel dengan HP Android kamu.

Langkah yang harus kamu ambil jika mengalami kejadian seperti ini adalah menghapus pembaruan tersebut untuk mengembalikan ke versi sebelumnya.

Berikut ini cara menghapus pembaruan pada aplikasi Play Store:

• Masuk ke menu pengaturan atau setelan.

• Cari dan pilin "Pengelola aplikasi".

• Setelah itu cari aplikasi Play Store dan pilih.

• Lalu tap "Uninstall pembaruan" atau "Copot pembaruan".

• Selesai.


7. Bersihkan ruang penyimpanan

Cara yang terakhir ini menjadi jawaban dari pertanyaan kenapa Play Store tidak bisa mendownload. Sebagain kecil dari kamu tidak menyadari bahwa ruang penyimpanan yang hampir habis dapat memicu Play Store menjadi tidak berfungsi dengan semestinya. Bukan hanya Play Store saja, bahkan sebagian aplikasi juga tidak akan berfungsi dengan baik.

Meskipun ruang tersedia pada perangkat Android kamu cukup besar misalnya 2GB sampai 3GB tapi jika kamu menginstall sebuah aplikasi atau game yang ukurannya hampir mendekati ruang tersedia itu, tetap saja itu namanya memaksakan dan itu juga tidak baik untuk kinerja Android.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk tetap memberi ruang dan tidak memaksakan untuk memasukan file berukuran besar saat penyimpanan sudah hampir habis. Akan lebih bagus lagi jika kamu menghapus beberapa file atau aplikasi berukuran besar yang tidak terlalu penting.

Didalam semua perangkat Android biasanya jika penyimpanan sudah hampir mau habis akan diberi sebuah peringatan. Begitupun didalam aplikasi Play Store, saat ingin menginstall sebuah aplikasi kamu diharuskan untuk menghapus beberapa aplikasi yang sudah terpasang sebelum bisa menginstall aplikasi baru.


Baca Juga:

• 7 Cara Mengatasi Speaker HP Sember Dengan Mudah

• Penyebab Dan Cara Mengatasi Sidik Jari HP Tidak Berfungsi

• 3 Situs Download Aplikasi Android Gratis Dan Terpercaya


Demikianlah 7 cara mengatasi Google Play Store error di Android dengan mudah.

Sebelum mengikut beberapa tutorial diatas, ada baiknya jika kamu berfikir terlebih dahulu apa saja hal yang akan berdampak setelah kamu melakukan cara tersebut agar nantinya kamu tidak menyesal, meskipun dampak yang terjadi akan sangat minim dan tidak akan serius.

Atau jika kamu merasa risih error pada aplikasi Play Store semakin bertambah parah, kamu bisa menyerahkannya saja kepada ahlinya.

Cukup sekian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Google Play Store Error Di Android"