Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian File APK Beserta Fungsi, Cara Membuka File APK Dan Macam Macam Jenis Aplikasi Beserta Contohnya


Pengertian File APK Beserta Fungsi, Cara Membuka File APK Dan Macam Macam Jenis Aplikasi Beserta Contohnya

Pengertian File APK

Apa itu APK File Android?

Banyak diantara kita yang masih beranggapan bahwa APK merupakan singkatan aplikasi. Meskipun anggapan yang dituju memang benar namun untuk singkatan dari APK yang sebenarnya adalah Android Package Kit atau biasa disebut juga sebagai Android Application Package atau juga Application Package File.

File APK adalah sebuah format file yang digunakan oleh OS Android untuk mendistribusikan penginstallan sebuah paket aplikasi Android. Agar aplikasi ataupun game dapat berjalan sesuai dengan tugasnya, maka didalam file APK tersebut terdapat kumpulan elemen yang dibutuhkan oleh Android agar dapat memasang dan menjalankannya.

File APK bisa kamu unduh dari manapun di internet entah itu dari aplikasi pihak ketiga yang menyediakan beragam aplikasi untuk Android ataupun dari situs situs penyedia aplikasi lainnya.

File APK Android sama halnya dengan Deb pada OS Debian atau paket MSI pada Windows.


Baca Juga :

• Inilah 7 Aplikasi Dan Game Buatan Anak Bangsa Yang Populer Sampai Mendunia

• 10 Aplikasi Tema Hp Keren Agar Tampilan Android Terlihat Menarik Dan Tidak Membosankan


Cara Membuka File APK

Cara Membuka File APK

Untuk cara membuka file APK di Android kamu harus memberikan izin pada perangkat Android agar dapat melakukan pemasangan aplikasi dari sumber lain selain Play Store. 

Berikut ini cara untuk mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber tidak dikenal :

• Masuk ke pengaturan di smartphone Android kamu.

• Pilih umum.

• Pilih Keamanan dan Izin.

• Setelah itu centang izinkan penginstallan dari sumber tidak dikenal / sumber tidak diketahui.

• Selesai.

Setelah izin di aktifkan, sekarang kamu dapat memasang dan membuka file APK yang kamu dapat dari sumber selain Play Store.

Jika smartphone kamu tidak memiliki antivirus bawaan, sebaiknya kamu pasang aplikasi antivirus terlebih dahulu sebelum memasang file APK yang kamu dapat dari sumber lain, tujuannya adalah untuk melakukan pemindaian terlebih dahulu untuk memastikan aplikasi tersebut aman dari malware dan virus.

Setelah mengerti pengertian file APK dan cara membuka file APK, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mengerti tentang pengertian, fungsi, contoh, dan macam macam jenis aplikasi.


Pengertian Aplikasi

Pengertian Aplikasi

Pengertian aplikasi secara umum adalah sebuah program ataupun perangkat lunak yang siap digunakan untuk melakukan tugas tugas dan perintah tertentu pada perangkat smartphone, laptop ataupun komputer.

Kata aplikasi berasal dari bahasa inggris yaitu Application yang memiliki arti penerapan atau penggunaan. Aplikasi dirancang dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman tertentu. Orang yang membuat dan mengembangkan aplikasi disebut sebagai developer atau programmer.

Jika kamu ingin tahu contoh aplikasi pada perangkat smartphone. Untuk pengguna Android, sekarang kamu masuk ke Play Store, jika kamu menggunakan iPhone kamu bisa masuk ke App Store, ada jutaan aplikasi yang bisa kamu temukan di Play Store maupun di App Store.

Itulah sedikit pengertian aplikasi.


Fungsi Aplikasi

Fungsi Aplikasi

Tujuan di buatnya aplikasi adalah untuk memudahkan pengguna melakukan suatu pekerjaan, banyak sekali manfaat yang kita peroleh dengan menggunakan aplikasi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :


• Fungsi Aplikasi Pada Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan aplikasi dapat digunakan untuk bahan pengajaran, sebut saja salah satu aplikasinya adalah aplikasi Ruangguru. Aplikasi ini pasti sangat familiar sekali di telinga kamu. Aplikasi Ruangguru menyediakan mata pelajaran inti untuk semua jenjang kelas dengan kurikulum nasional. Selain itu terdapat juga guru yang sudah tergabung dengan Ruangguru yang akan memandu proses belajar kamu.


• Fungsi Aplikasi Pada Bidang Kedokteran

Saat ini sudah banyak developer yang mengembangkan aplikasi yang dapat di gunakan pada bidang kedokteran, entah fungsi aplikasi tersebut untuk melakukan penjadwalan perawatan, mendiagnosa penyakit, meracik obat dan membantu hal lainnya didalam dunia kedokteran.


• Fungsi Aplikasi Pada Bidang Ilmu Pengetahuan

Pada bidang ini, aplikasi dapat membantu kamu untuk mencari informasi terkini seputar ilmu pengetahuan. Sudah banyak sekali aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang kamu sukai seperti halnya ilmu pengetahuan seputar teknologi, sains, biologi, kesehatan, olahraga dan masih banyak lagi lainnya.


• Fungsi Aplikasi Pada Bidang Bisnis

Peran aplikasi didalam dunia bisnis juga tidak kalah penting, Pada bidang ini aplikasi dapat di gunakan untuk menghitung pengeluaran dan mengukur perkiraan keuntungan yang akan di dapatkan. 


• Fungsi Aplikasi Pada Bidang Militer

Penerapan aplikasi di bidang militer juga cukup penting. Aplikasi dapat digunakan untuk mengontrol senjata dan peluru. Selain itu, penerapan aplikasi juga dapat digunakan untuk menavigasi kapal selam dan kapal laut untuk melakukan simulasi dengan cara mengirimkan operasi persandian pada program yang sudah dirancang.

Selain memiliki fungsi dari beberapa segi bidang diatas, aplikasi juga memiliki fungsi umum lainnya. Berikut ini beberapa fungsi aplikasi secara umum.


Fungsi Aplikasi Secara Umum

• Meringankan Pekerjaan Seseorang

Hadirnya aplikasi sudah banyak membantu seseorang untuk mengerjakan sebuah pekerjaan di kehidupan sehari sehari. Salah satu contohnya adalah aplikasi online shop, dengan bantuan aplikasi online shop kamu akan lebih mudah untuk berbelanja apapun hanya dengan melalui smartphone, semua barang yang kamu cari sudah hampir tersedia secara lengkap di aplikasi online shop. Contoh lainnnya yaitu aplikasi Google Maps, dengan aplikasi Maps kamu akan lebih mudah untuk mencari alamat seseorang, Google Map juga dapat membantu kamu saat sedang tersesat di jalan yang sebelumnya tidak pernah kamu lewati.


• Media Untuk Hiburan

Selain dapat meringankan pekerjaan seseorang, kamu juga dapat mencari hiburan dengan menggunakan aplikasi, banyak sekali aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mencari hiburan, contohnya seperti aplikasi untuk streaming film kesukaan kamu atau aplikasi untuk bermain game dengan berbagai pilihan genre.


Baca Juga : 6 Game Bertema Perang Android Online Dan Offline Terbaik


• Media Untuk Berkomunikasi Dan Mencari Teman

Aplikasi untuk berkomunikasi dan mencari teman yang sering kita gunakan contohnya adalah aplikasi Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp dan masih banyak lagi aplikasi media sosial yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi dan mencari teman baru di internet. Dengan aplikasi tersebut kamu dapat mencari teman tanpa ada batasan jarak.


• Media Untuk Mendapatkan Informasi Dan Kabar Terkini

Di era serba internet ini kita di berikan kemudahan untuk mencari informasi dan kabar berita terupdate. Cukup dengan menggunakan aplikasi kamu bisa dengan sangat mudah untuk mencari informasi dan berita terbaru atau berita yang sedang viral. Contoh aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi dan berita adalah IDN App, LINE Today, Kompas.com, BaBe - Baca Berita, dan masih banyak lagi lainnya.


Macam Macam Jenis Aplikasi Dan Contohnya

Macam Macam Jenis Aplikasi Dan Contohnya

• Aplikasi Alat

Beberapa contoh aplikasi alat : Greenify, Audio Recorder, 360 Security, Clean Master dan Google Translate.


• Aplikasi Sosial

Beberapa contoh aplikasi sosial : Instagram, Facebook, Twitter, dan Google+.


• Aplikasi Komunikasi

Beberapa contoh aplikasi komunikasi : WeChat, MeChat, WhatsApp, LINE, Facebook Messenger, Telegram dan KakaoTalk.


• Aplikasi Fotografi

Beberapa contoh aplikasi fotografi : Camera360, PicsArt, Adobe Photoshop, B612, Cymera Photo Editor dan Snapseed.


Baca Juga : 10 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Dan Terlengkap 


• Aplikasi Pendidikan

Beberapa contoh aplikasi pendidikan : Ruangguru, Google Classroom, Rumah Belajar, Edmodo, Zenius dan Quipper, 


• Aplikasi Berita Dan Majalah

Beberapa contoh aplikasi berita dan majalah : Kompas.com, BaBe - Baca Berita, CNN Indonesia, Liputan6.com, detikcom,  BACA PLUS, Scoop Newsstand, S Lime dan Issuu.


• Aplikasi Hiburan

Beberapa contoh aplikasi hiburan : Vidio, CocoFun, RCTI+, LIKEit, dan Google Play Games.


Itulah macam macam jenis aplikasi di Android dan fungsinya.


Baca Juga : 5 Aplikasi Android Keren Dan Canggih Yang Jarang Diketahui


Cukup sekian dari artikel tentang pengertian file APK beserta fungsi, cara membuka file APK dan macam macam jenis aplikasi beserta contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

Terimakasih.


7 komentar untuk "Pengertian File APK Beserta Fungsi, Cara Membuka File APK Dan Macam Macam Jenis Aplikasi Beserta Contohnya"