Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mudah Agar Kuota Di Smartphone Android Kamu Menjadi Lebih Irit


Cara Mudah Agar Kuota Di Smartphone Android Kamu Menjadi Lebih Irit


Pasti kamu merasa sangat kesal saat sedang bermain game online, menonton film, atau sedang asik chatting dengan si Doi lalu tiba-tiba kuota kamu habis. Nah untuk cara mengatasi masalah seperti ini kamu bisa mencoba beberapa cara yang bisa dilakukan agar kuota kamu tidak cepat habis. Bagaimana caranya? Silahkan simak dibawah ini.


6 Cara Mudah dan Ampuh Untuk Menghemat Kuota Di Smartphone


1. Matikan Update Aplikasi Otomatis

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mematikan update otomatis aplikasi di Play Store. Jika fitur ini tetap kamu aktifkan maka aplikasi tersebut akan melakukan update secara otomatis saat ada pembaruan tersedia. Cara untuk mematikan fitur update otomatis ini sangat mudah, kamu tinggal membuka Play Store > Setelan > Update aplikasi secara otomatis disana akan ada tiga pilihan. Untuk menghemat kuota, kamu bisa pilih Update melalui wifi saja atau pilih Jangan update aplikasi secara otomatis setelah itu pilih selesai.

2. Aktifkan Fitur Data Saver di Chrome

Aplikasi Chrome pasti sudah tidak asing lagi di telinga pengguna smartphone khususnya android, bahkan mungkin kamu adalah salah satu penggunanya. Nah untuk kamu yang sering menggunakan aplikasi Chrome ini untuk berselancar di dunia maya atau hanya untuk browsing-browsing saja, ada baiknya kamu mengaktifkan fitur Data Saver yang sudah di sediakan oleh aplikasi Chrome ini untuk menghemat kuotamu.

3. Batasi Penggunaan Data

Fitur ini berfungsi untuk memberikan peringatan saat pemakaian data sudah melebihi batas yang ditentukan.
Untuk membatasi penggunaan data kamu tidak perlu menginstall aplikasi apapun karena fitur ini sudah di sediakan oleh masing-masing Smartphone.
Kamu bisa mengaturnya melalui menu pengaturan di Smartphone kamu.

4. Batasi Penggunaan Streaming

Streaming video dan musik juga akan membuat kuota kamu cepat terkuras.
Untuk mengatasinya kamu bisa mendownload video atau musik yang kamu inginkan melalui wifi saja dan kamu bisa menontonnya nanti.

5. Matikan Data Saat Tidak di Perlukan

Saat kamu sedang tidak menggunakan Internet sebaiknya kamu mematikan data Smartphone mu, hal ini bertujuan untuk mencegah pemakaian data dari aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background).
Selain untuk menghemat kuota cara ini juga bisa menghemat pemakaian baterai Smartphone kamu.

6. Aktifkan Fitur Data Saver Smartphone

Saat kamu sedang membutuhkan kuota untuk hal yang kamu anggap sangat penting akan tetapi kuota kamu sudah hampir habis cara mengatasinya adalah mengaktifkan fitur Mode Data Saver Smartphone kamu, dengan mengaktifkan fitur ini Smartphone kamu akan menonaktifkan semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, hanya aplikasi yang sedang digunakan saja yang akan menggunakan kuota kamu. Meskipun cara ini bisa di bilang sangat ampuh untuk menghemat kuota, namun biasanya jika sedang menggunakan fitur ini aplikasi yang kamu gunakan tidak berjalan dengan normal seperti biasanya, jadi kamu bisa gunakan cara ini saat kamu sedang terdesak saja.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kuota kamu menjadi lebih hemat.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mudah Agar Kuota Di Smartphone Android Kamu Menjadi Lebih Irit"