Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Akses Penyimpanan Internal Di Termux


Cara Akses Penyimpanan Internal Di Termux

 Termux merupakan salah satu aplikasi serbaguna yang dimana aplikasi ini bisa digunakan untuk mengakses beberapa hal yang kamu mau. Beberapa diantaranya adalah akses ke aplikasi, situs web, atau kamu juga bisa mengakses penyimpanan internal di HP Android milikmu.

Untuk melakukan akses ke penyimpanan internal menggunakan Termux berbeda dengan kamu membukanya secara langsung menggunakan aplikasi file manager atau pengelola file yang umumnya sudah tersedia. Jika di Termux, kamu harus menggunakan sebuah perintah.

Biasanya melakukan akses ke penyimpanan internal dilakukan untuk mengambil file kemudian memindahkannya ke dalam Termux. Atau bisa juga mengambil sebuah program atau script untuk diolah dan di edit didalam Termux. Dari sini kita sudah bisa menyimpulkan bahwa Termux memang aplikasi yang serba bisa. Di Termux kamu juga bisa membuka file berformat txt.

Untuk cara akses penyimpanan internal di Termux sendiri sangat mudah sekali. Bahkan kamu hanya perlu menjalankan satu perintah saja. Namun untuk kamu yang masih sangat awam dengan perintah-perintah yang ada di dalam Termux, pastinya akan sedikit merasa kebingungan juga.

Tapi kamu tenang saja, untuk membantu kamu mempelajari caranya, kamu bisa simak pembahasannya berikut ini.


Baca Juga:

• Cara Backup Dan Restore Pada Aplikasi Termux Android

• Cara Membuka Sesi Baru Di Aplikasi Termux Android


Cara Akses Penyimpanan Internal Di Termux

1. Buka aplikasi Termux di HP Android kamu masing-masing.

2. Didalam aplikasi Termux, jalankan perintah  seperti dibawah ini:

 $ cd /sdcard 

Dan sekarang kamu sudah berada didalam penyimpanan internal. Untuk melihat semua folder yang ada, gunakan perintah:

 $ ls 

Jika pada saat kamu menjalankan perintah cd /sdcard, lalu muncul sebuah pesan "permission denied", itu artinya adalah akses Termux tidak diizinkan. Untuk mengatasinya kamu bisa lihat disini.

Namun jika pesan kesalahannya seperti ini "no such file or directory Termux", itu artinya file atau folder yang kamu maksud tidak tersedia. Coba kamu perhatikan lagi besar kecil huruf dari nama file tersebut barang kali ada kesalahan saat kamu memasukan namanya.

3. Selesai.


Baca Juga:

• Cara Menampilkan Tombol Kanan Kiri Pada Termux Versi Terbaru

• Belajar Cara Membuat Script Sederhana Di Termux Menggunakan Program Bash Untuk Pemula


Itulah cara akses penyimpanan internal di Termux. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Akses Penyimpanan Internal Di Termux"