Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram


Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram

 Belakangan ini para pengembang aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, Google, WhatsApp, dan beberapa media sosial lainnya telah menghadirkan fitur keamanan yang bernama autentikasi dua faktor. Hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan serta kenyamanan dari penggunanya.

Nah, dikesempatan kali ini kita hanya akan membahas salah satunya saja yaitu cara mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram. Namun, sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam lagi, ada baiknya jika kamu sedikit mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu autentikasi dua faktor.

Autentikasi dua faktor adalah salah satu fitur keamanan yang umumnya sudah tersedia di beberapa media sosial yang sering kamu gunakan saat ini, salah satunya adalah Instagram. Meskipun berbeda aplikasi, namun fungsi dan cara kerja dari fitur ini hampir semuanya sama.

Saat kamu menggunakan fitur ini, ketika kamu ingin login ke akun tersebut di perangkat lain atau perangkat yang kamu tidak pernah login sebelumnya, maka kamu akan diminta kode memasukan lagi yang dikirimkan oleh pihak aplikasi melalui SMS, Email, ataupun WhatsApp, itu semua tergantung kamu ingin mengirimkan kodenya kemana.


Baca Juga:

• Tips Menjaga Keamanan Akun Facebook Agar Tidak Mudah Di Hack

• Cara Menonaktifkan IG Sementara Waktu


Lalu, bagaimana jika smartphone kita hilang ataupun ada masalah lain yang membuat kita tidak bisa melihat kode yang dikirimkan tersebut? Memang, jika kamu tidak menerima kode tersebut, kamu juga tidak akan bisa untuk login. Tapi tenang saja, cara mengatasi autentikasi dua faktor yang mengalami masalah tersebut, kamu akan di berikan beberapa kode cadangan yang harus kamu simpan agar kamu sendiri tetap bisa login di perangkat lain dengan menggunakan kode tersebut.

Keamanan yang di berikan dari menggunakan autentikasi dua faktor lumayan sangat tinggi. Jadi jika kamu ingin akun Instagram kamu tidak mudah di retas oleh orang lain, kamu bisa menggunakan fitur ini. Berikut ini adalah cara mengaktifkan autentikasi dua faktor di IG.


Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram

Agar akun Instagram kamu tetap terjaga dari serangan hacker yang mencoba untuk membobolnya maka di perlukan autentikasi dua faktor.

Biasanya seorang hacker akan menyerang akun Instagram yang memiliki cukup banyak follower karena hal itu dapat memunculkan pundi pundi uang. Bagi kamu yang memiliki follower Instagram dalam jumlah yang sangat banyak, tetap waspada dan berhati hati yah.

Sekarang ini banyak sekali orang yang mencari rupiah dengan menggunakan Instagram. Jika kamu adalah salah satunya, maka wajib bagi kamu untuk mengaktifkan fitur ini. Jika seorang hacker berhasil meretas akun Instagram tersebut, kamu akan merasakan rugi dua kali, yang pertama adalah kehilangan akun dan yang kedua adalah kehilangan penghasilan.


Berikut ini cara aktifkan autentikasi dua faktor Instagram:

1. Buka aplikasi Instagram kamu. Pada halaman awal didalam Instagram, tap foto profil Instagram kamu yang berada di bawah kanan layar.

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram


2. Tap ikon garis tiga diatas kanan layar, setelah itu pilih opsi "Pengaturan".

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram


3. Tap "Keamanan", lalu pilih "Autentikasi Dua Faktor".

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram


4. Pada halaman ini tap "Mulai", lalu pilih metode keamanan yang ingin kamu gunakan. Ada tiga metode yang bisa kamu gunakan yaitu:

Melalui aplikasi Autentikasi

Kamu akan disuruh untuk menginstall terlebih dahulu aplikasi tersebut jika belum memilikinya.

Melalui WhatsApp

Kamu akan menerima kode login melalui nomor WhatsApp.

Melalui SMS

Kamu akan menerima kode keamanan Instagram melalui pesan SMS.


Silahkan kamu pilih salah satunya. Sebagai contoh admin memilih menggunakan SMS.

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram


5. Setelah itu Instagram akan secara otomatis mengirimkan kode ke nomor kamu. Setelah kodenya masuk, kamu tinggal memasukan kode tersebut.

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram


6. Sekarang fitur autentikasi dua faktor Instagram sudah berhasil di aktifkan. Langkah selanjutnya tap "Selesai".

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram


7. Setelah itu kamu akan diberikan beberapa kode untuk kamu login di perangkat lain. Kamu bisa screenshot kode tersebut atau mencatatnya. Disarankan untuk mencatatnya saja.

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram


8. Selesai.

Bagaimana, caranya lumayan mudah bukan?

Jika kamu ingin tidak menggunakan fitur ini lagi, dibawah ini adalah caranya.


Berikut ini adalah cara menonaktifkan autentikasi dua faktor Instagram:

1. Untuk masuk ke menu autentikasi dua faktor di Instagram, kamu bisa menggunakan langkah nomor 1-3 seperti cara diatas.


2. Jika fitur ini aktif, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Setelah itu tap "SMS" (karena admin menggunakan metode keamanan melalui SMS).

Cara Mudah Download Video Di Instagram


3. Setelah itu tap nonaktifkan, lalu konfirmasi dengan tap "Nonaktifkan".

Cara Mudah Download Video Di Instagram


4. Selesai.

Itulah cara untuk menonaktifkannya.


Baca Juga:

• Pengertian Enkripsi End To End WhatsApp

• Cara Mudah Download Video Di Instagram


Setelah fitur tersebut diaktifkan bukan berarti kamu sudah terbebas sepenuhnya dari serangan hacker. Hacker juga memiliki metodenya masing masing untuk meretas. Fitur tersebut diaktifkan hanya untuk mencegah dan mengantisipasi saja. Namun tidak menjamin bahwa akun Instagram kamu tidak akan bisa di retas. Maka dari itu, waspada masih tetap di perlukan.

Itulah cara mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram. Sekian dari artikel kali ini, semoga bermanfaat, terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram"