Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Android 11 Dan Fitur Fitur Canggih Yang Dimilikinya


Kelebihan Android 11 Dan Fitur Fitur Canggih Yang Dimilikinya

Android 11 adalah sistem operasi ke 11 besutan Google yang mana merupakan versi ke 18 dari semua versi Android. Google merilis OS Android 11 pada 18 September 2020.

Dikutip dari The Verge, Sabtu 24 Juli 2020, Nama Android 11 adalah R atau Red Velvet Cake, namun nama tersebut hanyalah nama internal saja.

Google menghadirkan Android 11 dengan pembaruan dan tambahan fitur fitur yang lebih canggih dari versi sistem operasi Android sebelumnya, baik itu dari segi keamanan dan privasi, fitur yang ditanamkan lebih canggih ataupun performa yang lebih unggul.


Baca Juga :

• 10 Perbedaan Sistem Operasi Android (OS Android) & iOS (iphone Operating System)

• Pengertian Dan Manfaat Pembaruan Perangkat Lunak Di Android


Meskipun Android 11 dirilis pada tahun 2020 kemarin namun sudah banyak vendor vendor besar smartphone yang menggunakan OS ini, contohnya seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme dan lainnya. 

Mungkin salah satu dari kamu juga sudah ada yang menggunakan hp dengan sistem operasi Android 11. Untuk kamu yang belum menggunakan Android 11 pasti penasaran dengan fitur canggih apa saja yang dimiliki oleh Android 11 dan apa kelebihan Android 11. 

Jika kamu penasaran langsung saja simak ulasannya berikut ini.


Kelebihan Android 11

Seperti yang kita tahu bahwa kelebihan atau keunggulan dari Android 11 terletak pada fitur fitur yang di milikinya, entah itu fitur yang sudah ada yang diperbarui ataupun menghadirkan fitur fitur yang sebelumnya tidak ada dan tidak dimiliki oleh versi Android yang sebelumnya. Dengan fitur yang lebih canggih tentunya pengguna akan diberikan kemudahan kemudahan dalam menggunakannya. Lalu, apa sajakah fitur fitur tersebut? Berikut ini fitur fitur canggih yang dimiliki Android 11.


5 Fitur Fitur Canggih Android 11

1. Bubble

Bubble - Fitur Fitur Canggih Android 11
[Source img : xda-developers.com]

Bubble merupakan sebuah fitur antarmuka baru untuk aplikasi perpesanan agar penggunanya bisa lebih mudah untuk membalas sebuah chat. Dengan fitur ini kamu bisa membuka dan membalas sebuah chat dengan akses yang sangat mudah yaitu hanya dengan mengetuk jendela melayang yang berbentuk bulat (Bubble) dan percakapan kamu pun akan langsung terbuka bahkan saat sedang berada pada aplikasi lain. Kekurangan dari fitur ini yaitu hanya kompotibel pada aplikasi bawaan Android saja.


2. Melihat Riwayat Notifikasi Yang Terhapus

Fitur Fitur Canggih Android 11
[source img : idntimes.com]

Apakah kamu pernah secara tidak sengaja menghapus notifikasi padahal kamu belum melihat dan tidak tahu notifikasi tersebut berisi apa. Pasti agak kesal bukan? Di Android 11 sudah memiliki fitur riwayat notifikasi yang memungkinkan kamu untuk bisa melihat kembali notifikasi yang sudah di hapus. Jadi kamu tidak akan penasaran lagi dengan notifikasi yang terhapus.


3. Rekomendasi Aplikasi

Fitur Fitur Canggih Android 11
[source img : mobilesyrup.com]

Fitur ini akan secara otomatis mengelompokan aplikasi aplikasi yang sering kamu gunakan kedalam folder yang berada pada home screen.


4. Fitur Smart Home

Fitur Fitur Canggih Android 11
[Source img : xda-developers.com]

Kelebihan lain dari fitur smart home pada Android 11 adalah kamu dapat mengontrolnya melalui tombol daya. Sehingga dengan fitur ini kamu akan lebih mudah untuk mengontrol alat alat yang terkoneksi pada Smart Home hanya dengan melalui tombol daya.


5. Screen Recorder

Fitur Fitur Canggih Android 11
[Source img : androidcentral.com]

Fitur ini akan menjadikan kamu semakin mudah untuk merekam layar. Selain itu, fitur ini juga memiliki opsi untuk memilih menggunakan audio internal atau eksternal.


6. Screenshot Panjang

Fitur Fitur Canggih Android 11
[Source img : Teknologi.id]

Sebenarnya fitur screenshot atau tangkapan layar sudah ada pada smartphone android sejak lama, fitur ini berfungsi menangkap layar kemudian menjadikannya sebagai foto dari layar yang di tangkap. Meskipun semua versi Android saat ini sudah memiliki fitur screenshot, Namun yang membedakan fitur screenshot di Android 11 dengan Android lainnya adalah dapat menangkap layar dengan ukuran yang panjang.


7. Dark Mode

Fitur Fitur Canggih Android 11

Sama seperti fitur Screenshot, fitur Dark Mode juga sebenarnya sudah dihadirkan pada versi Android sebelum Android 11. Namun yang membedakan fitur dark mode milik Android 11 dengan Android lainnya yaitu kamu dapat mengatur waktu untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya, sehingga fitur dark mode tersebut akan secara otomatis dihidupkan dan dimatikan menurut waktu yang sudah kamu tentukan.


8. Bluetooth dan Mode Pesawat

Fitur Fitur Canggih Android 11
[Source img : androidpolice.com]

Di Android 11 kamu dapat mengaktifkan fitur Bluetooth dan Air plane mode atau mode pesawat secara bersamaan. Fitur ini cukup membantu untuk kamu yang suka mendengarkan musik via bluetooth tanpa terganggu dari notifikasi apapun yang akan  datang.


9. Fitur On-Time-Permission

Fitur Fitur Canggih Android 11

Biasanya di Android lain hanya memiliki 2 opsi untuk memberikan izin pada aplikasi yaitu opsi izinkan seterusnya dan opsi untuk izinkan hanya saat aplikasi digunakan saja. Nah dengan fitur On-Time-Permission pada Android 11, memiliki fungsi untuk memberikan izin pada aplikasi hanya saat digunakan pada waktu itu saja.


10. Prioritas Notifikasi Untuk Chat

Fitur Fitur Canggih Android 11
[Source img : droila.com]

Di Android 11 kamu bukan hanya bisa memprioritaskan notifikasi dari aplikasi saja sama hal nya yang bisa dilakukan pada Android lain. tapi di Android 11 kamu juga bisa mengatur prioritas notifikasi untuk chat juga.


Baca Juga :

• Pengertian, Fungsi & Jenis jenis Sistem Operasi Yang Di Gunakan Smartphone Serta Penjelasannya

• 6 Fakta Unik dan Menarik Android Yang Jarang Diketahui Oleh Penggunanya

• Cara Melihat Spesifikasi Lengkap Android Beserta CPU di Aplikasi Termux


Itulah kelebihan Android 11 yang terdapat pada fitur fitur canggih yang dimilikinya.

Saran untuk kamu yang menggunakan Android 10 dan ingin merasakan Android 11, kamu bisa coba cari cara update Android 11, barang kali smartphone kamu mendapatkan update, jadi kamu tidak perlu mengganti smartphone untuk bisa menggunakan OS Android 11.


2 komentar untuk "Kelebihan Android 11 Dan Fitur Fitur Canggih Yang Dimilikinya"